Mahasiswa Gizi FKM UHO Kenalkan Produk Pangan Lokal Sehat di Food Bazar

Siti Nabila, telisik indonesia
Jumat, 18 Oktober 2024
0 dilihat
Mahasiswa Gizi FKM UHO Kenalkan Produk Pangan Lokal Sehat di Food Bazar
Mahasiswa FKM UHO gelar Food bazar tahunan, peringati hari Pangan Sedunia, di Pelataran FKM UHO, Jumat (18/10/2024). Foto: Nabila/Telisik

" Himpunan Mahasiswa Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Halu Oleo (UHO) menggelar Food Bazar tahunan sebagai rangkaian memperingati Hari Pangan Sedunia yang jatuh pada 16 Oktober "

KENDARI, TELISIK.ID — Himpunan Mahasiswa Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Halu Oleo (UHO) menggelar Food Bazar tahunan sebagai rangkaian memperingati Hari Pangan Sedunia yang jatuh pada 16 Oktober.

Kegiatan yang dilaksanakan di pelataran FKM UHO pada Jumat (18/10/2024) ini melibatkan mahasiswa dari program studi gizi angkatan 2022, 2023, dan 2024.

Food Bazar ini menawarkan beragam makanan, mulai dari hidangan berat hingga dessert.

“Setiap stand menyediakan setidaknya satu makanan atau minuman yang berbahan dasar pangan lokal, seperti jagung, sambil tetap mempertahankan nilai gizi dalam setiap kreasi yang ditawarkan,” ungkap Ketua Panitia Pelaksana Food Bazar, Nurdiana.

Baca Juga: Strategi Sukses Umy Minten, UMKM Kue dan Abon yang Menembus Pasar Lokal dan Nasional

Nurdiana menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai ketahanan pangan, keberagaman sumber pangan lokal, serta pentingnya pola makan sehat.

Masyarakat juga diajak untuk mendukung produk pertanian lokal dan berkontribusi dalam menciptakan keberlanjutan lingkungan.

Wirastanti Yuda, yang juga Ketua Panitia Pelaksana Food Bazar, mengatakan kegiatan ini juga menampilkan pameran produk lokal, memberikan ruang bagi mahasiswa untuk memamerkan dan menjual hasil bumi.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan mahasiswa dapat meningkatkan pemahaman tentang isu pangan dan menerapkan ilmu yang diperoleh di kampus dalam konteks nyata,” harap Wirastanti.

Baca Juga: Distanak Sultra: Realisasi Tanam Padi Gogo di Sultra Capai 1.142 Hektare

Meskipun penyelenggaraan menghadapi beberapa tantangan, Wirastanti mengatakan Food Bazar yang disponsori oleh Maxim ini berhasil berjalan sesuai harapan.

Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Gizi FKM UHO, Putri Awalnda Pratiwi, menambahkan bahwa melalui bazar ini mahasiswa diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang isu-isu pangan, termasuk pentingnya ketahanan pangan dan konsumsi pangan lokal.

Dengan terlibat langsung, mahasiswa dapat lebih mengenal berbagai produk pangan yang ada di sekitar.

“Kegiatan ini diharapkan dapat menjalin hubungan yang lebih erat antara mahasiswa dan masyarakat, sekaligus memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitar,” harap Putri. 

Sebagai informasi kegiatan ini merupakan program kerja dari Himpunan Mahasiswa Gizi dan di wadahi oleh Ketua program studi gizi Ibu Lisnawaty, SKM.,M.Kes dan Ibu Irma Yunawati SKM.,M.P.H sebagai pembina Himpunan Mahasiswa Gizi FKM UHO. Dan merupakan kewajiban tiap angkatan untuk ikut berpartisipasi. (A)

Penulis: Siti Nabila

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga