5 Fakta Unik Otak Manusia, Nomor 3 Mengejutkan

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Selasa, 15 November 2022
0 dilihat
5 Fakta Unik Otak Manusia, Nomor 3 Mengejutkan
Asisten Profesor Psikiatri di Emory University di Atlanta mengatakan, kejutan akan menyebabkan aliran dopamin dan menerangi nukleus accumbens yang membuat kemampuan kerja otak meningkat. Foto: Repro Bp-guide.id

" Otak manusia 60 persen terbuat dari lemak. Tidak hanya membuatnya menjadi organ paling gemuk di tubuh manusia, tetapi asam lemak ini sangat penting untuk kinerja otak "

KENDARI, TELISIK.ID - Otak merupakan alat tubuh yang sangat penting karena merupakan pusat dari semua alat tubuh, yang terletak di dalam rongga tengkorak (cranium) yang dibungkus oleh selaput otak yang kuat.

Otak merupakan pusat dari sistem saraf yang bertugas mengontrol semua pergerakan manusia. Volume otak manusia berkisar antara 1.350 cc dan mempunyai 100 juta sel saraf atau neuron.

Berikut ini 5 fakta unik otak manusia dilansir dari Liputan6.com dan Kompas.com antara lain:

1. Sebagian besar terbuat dari lemak

Otak manusia 60 persen terbuat dari lemak. Tidak hanya membuatnya menjadi organ paling gemuk di tubuh manusia, tetapi asam lemak ini sangat penting untuk kinerja otak Anda.

2. Otak memanas ketika bekerja

Otak manusia memanas ketika bekerja, suhunya naik menjadi 140 derajat celcius, meskipun suhu seperti itu menunjukkan bahwa otak dalam keadaan sehat.

Baca Juga: 3 Fakta Unik Burung Unta, Tak Bisa Terbang hingga Miliki Bola Mata Lebih Besar Ketimbang Otaknya

Otak lebih dingin di malam hari dan lebih hangat di siang hari, sementara otak orang yang lebih tua cenderung lebih panas daripada otak orang yang lebih muda. Studi ini menunjukkan jalan potensial untuk mendiagnosis dan mengobati kerusakan atau gangguan otak.

3. Belum sepenuhnya terbentuk sampai usia 25 tahun

Otak manusia belum sepenuhnya terbentuk sampai usai 25 tahun. Perkembangan otak dimulai dari otak bagian belakang dan berjalan ke arah depan. Oleh karena itu, lobus frontal yang mengontrol perencanaan dan penalaran, adalah yang terakhir untuk memperkuat dan menyusun koneksi.

4. Kapasitas tak terbatas

Penelitian menunjukkan, otak manusia terdiri dari sekitar 86 miliar neuron. Setiap neuron membentuk koneksi ke neuron lain yang dapat menambahkan hingga 1 kuadriliun (1.000 triliun) koneksi.

Baca Juga: Mengenal Gunung Annapurna, Gunung Paling Mematikan di Nepal

Seiring waktu, neuron ini dapat bergabung, meningkatkan kapasitas penyimpanan. Namun, pada penyakit Alzheimer, sebabkan banyak neuron dapat menjadi rusak dan berhenti bekerja, terutama mempengaruhi memori.

5. Menyukai kejutan

Pemindaian MRI otak manusia mengungkapkan bahwa manusia terprogram untuk mendapatkan kesenangan dari peristiwa yang tidak terduga. Kejutan menimbulkan respons yang kuat dari nukleus accumbens, alias "pusat kesenangan otak."

Asisten Profesor Psikiatri di Emory University di Atlanta mengatakan, kejutan yang dilakukan akan menyebabkan aliran dopamin dan menerangi nukleus accumbens yang membuat kemampuan kerja otak menjadi lebih meningkat. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga