Mahasiswa Kembali Tagih Janji Pemda Konsel untuk Bangun Asrama di Kendari

Hamka Dwi Sultra, telisik indonesia
Senin, 16 November 2020
0 dilihat
Mahasiswa Kembali Tagih Janji Pemda Konsel untuk Bangun Asrama di Kendari
Aksi KBPM dalam rangka menagih pengadaan pembangunan asrama mahasiswa Konsel. Foto: Hamka/Telisik

" Pak Sekda pernah mengatakan anggaran Rp 1,5 miliar dari pengalihan lahan di Kecamatan Palangga untuk mencari lahan pembangunan asrama mahasiswa di Kota Kendari, namun hingga saat ini belum terealisasi. "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Keluarga Besar Pemuda dan Mahasiswa (KBPM) Konawe Selatan (Konsel) kembali menggelar aksi di pelataran Kantor Bupati Konsel, Senin (16/11/2020).

Aksi tersebut dalam rangka menagih janji Pemerintah Daerah (Pemda) Konsel terkait pengadaan pembangunan asrama dan uang pemondokan.

Jendral lapangan Aksi, Mansyarudin menjelaskan bahwa 14 September 2019 lalu telah disepakati oleh Ketua DPRD Konsel dan Bupati Konsel untuk dibangunkan asrama mahasiswa di tahun 2020.

Dari hasil kesepakatan tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Konsel pun telah mengarahkan untuk mencari lokasi pembangunan asrama mahasiswa Konsel yang rencananya akan di bangun di Kota Kendari.

“Pak Sekda pernah mengatakan anggaran Rp 1,5 miliar dari pengalihan lahan di Kecamatan Palangga untuk mencari lahan pembangunan asrama mahasiswa di Kota Kendari, namun hingga saat ini belum terealisasi," ungkap Mansyarudin dalam orasinya.

Ditempat sama, Koordinator lapangan aksi, Rendi Tabara menegaskan, agar Pemda Konsel dapat merealisasikan pembangunan asrama Konsel selambat-lambatnya pada Desember 2020 mendatang.

Baca juga: Diduga Buntut Habib Rizieq, Kapolda Metro Jaya dan Jawa Barat Dicopot

"Kalau memang asrama itu dihilangkan, minimal tidak diawal Desember 2020 beasiswa pemondokan sudah diberikan kepada mahasiswa yang telah mengumpulkan berkas," tegasnya.

Menanggapi hal tersebut, Asisten I Pemda Konsel, Sahrin Saudale mengatakan, jika janji pembangunan asrama mahasiswa yang menjadi tuntutan KBPM Konsel akan tetap diupayakan oleh Pemda Konsel untuk diwujudkan.

"Itu sudah dilakukan dengan memanggil tim guna meninjau lokasi-lokasi yang menurut kita layak untuk bisa ditempatkan pembangunan asrama mahasiswa,” katanya.

Ia menambahkan, Pemda Konsel juga telah melakukan upaya negosiasi kepada sejumlah pemilik lahan yang telah ditinjau. Namun, belum ada yang sesuai dengan anggaran yang disediakan oleh Pemda Konsel.

Adapun terkait dana pemondokan mahasiswa, kata dia, anggarannya juga tengah digodok dengan Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Konsel dan telah dalam pembahasan.

"Nanti, tahun 2021 dana pemondokan itu akan diwujudkan oleh Pemerintah Daerah Konawe Selatan," tandasnya. (A)

Reporter: Hamka Dwi Sultra

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga