Mahasiswi di Kendari Berhasil Juara Olimpiade Akuntansi Nasional

Riksan Jaya, telisik indonesia
Senin, 22 Januari 2024
0 dilihat
Mahasiswi di Kendari Berhasil Juara Olimpiade Akuntansi Nasional
Bariya Zuhratum Marasa. Peraih medali emas pada Olimpiade Nasional tingkat mahasiswa Se-Indonesia pada kategori Akuntansi, tingkat mahasiswa. Foto: Riksan Jaya/Telisik

" Bariya Zuhratum Marasa, mahasiswi Program Studi Perbankan Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari berhasil meraih medali emas pada Olimpiade Nasional tingkat mahasiswa Se-Indonesia pada kategori Akuntansi "

KENDARI, TELISIK.ID - Bariya Zuhratum Marasa, mahasiswi Program Studi Perbankan Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari berhasil meraih medali emas pada Olimpiade Nasional tingkat mahasiswa Se-Indonesia pada kategori Akuntansi.

Olimpiade nasional ini diselenggarakan oleh Yayasan Prestasi Maju Indonesia (PRESMANESIA) Yogyakarta pada Senin (15/1/2024).

Pekan Sains dan Olimpiade Nasonal (PESONA) yang diselenggarakan secara online tersebut merupakan suatau ajang prestisius tahunan yang diikuti oleh seluruh pelajar di Indonesia, baik tingkat siswa maupun mahasiswa.

Baca Juga: Ilmuwan Berhasil Rekonstruksi dan Temukan Bukti Ramses II Adalah Firaun di Zaman Nabi Musa

Bariya mengatakan, sebelum mengikuti lomba ia banyak melakukan persiapan dan latihan melalui silabus yang disediakan dan video YouTube pterkait.

“Banyak. Persiapannya yaitu dengan mempelajari silabus yang diberikan dari event tersebut dengan diperkuat dengan melakukan pembelajaran di YouTube,” ungkapnya, Sabtu (20/1/2024).

Saat mengetahui dirinya keluar sebagai juara, Bariya sangat bangga dan bermotivasi untuk mengumpulkan prestasi-prestasi lainnya.

“Untuk kesannya senang sekali dan tentunya ada kebanggan tersendiri dan hal itu memacu keinginan saya untuk terus meraih prestasi lainnya,” imbuhnya.

Kakak Bariya, Baada Yunghum Marasa mengatakan, semasa kecil Bariya seperti anak-anak pada umumnya dan senang belajar mandiri.

“Untuk kesehariannya di rumah mengerjakan pekerjaan rumah, setelah pekerjaan rumah selesai diisi dengan belajar, bermain dan lain sebagainya. Untuk pola pendidikan khusus sewaktu kecil tidak ada. Hanya inisiatif sendiri untuk belajar, terkadang juga diajar sama orang tua di rumah,” pungkasnya, Sabtu (20/1/2024).

Azwar Abidin selaku Sekretaris Direktur Ma’had al-Jamiah IAIN Kendari menyampaikan apresiasinya untuk Bariya sebagai mahasantri di Ma’had al-Jamiah IAIN Kendari

“Jadi mahasantri Ma'had dilatih dalam format belajar kelompok berjenjang. Namun, inisiatif mandiri menunjukkan bahwa beberapa mahasantri sudah mengenali potensi yang ia miliki, Bariya di antaranya," katanya, Minggu (21/1/2024).

Baca Juga: Meski Terkendala Jaringan, Mahasiswi di Kendari Juara Olimpiade Bahasa Inggris Nasional

"Di Ma’had peluang untuk komunitas itu beragam dan luas, jadi info terkait ajang di daerah dan nasional kami sampaikan ke mahasantri sehingga mereka punya dorongan untuk mengikuti ajang-ajang tersebut,” tambahnya.

Ustadz Azwar juga menambahkan, prestasi yang telah diraih Bariya semoga bisa menjadi inspirasi bagi santri-santri yang lain.

“Untuk Bariya semoga bisa menjadi inspirasi untuk mahasantri yang lainnya meraih prestasi-prestasi yang membanggakan. Saya berharap mereka yang sudah memahami potensi dirinya masing-masing dan mau mengambil segala bentuk kesempatan untk mengembangkan diri bisa terus menargetkan hal yang lebih besar lagi seperti beasiswa dan peluang karir di luar,” tambahnya. (A)

Penulis: Riksan Jaya

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga