Tips Lolos Seleksi Berkas Beasiswa LPDP 2023

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Minggu, 04 Juni 2023
0 dilihat
Tips Lolos Seleksi Berkas Beasiswa LPDP 2023
LPDP 2023 tahap 2 akan segera dibuka, seleksi berkas atau administrasi jadi tahap pertama yang harus dilalui. Foto: Prempuan.com

" "

KENDARI, TELISIK.ID - Bagi Anda yang bercita-cita melanjutkan pendidikan tinggi di jenjang magister dan doktor secara gratis, Anda bisa mencoba daftar program beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Dilansir dari Kompas.com, pendaftaran beasiswa LPDP 2023 tahap 2 akan dibuka sebentar lagi. Pendaftaran beasiswa LPDP 2023 tahap 2 tepatnya akan dibuka pada 9 Juni hingga 9 Juli 2023 mendatang.

Salah satu tahapan seleksi beasiswa LPDP 2023 tahap 2 adalah seleksi administrasi. Bagi mahasiswa dan masyarakat umum yang berencana mendaftar beasiswa LPDP 2023 tahap 2, perlu tahu tips agar lolos seleksi administrasi beasiswa LPDP 2023.

Dikutip dari Yoursay.suara.com, beasiswa LPDP mempunyai beberapa kategori, untuk dalam negeri dan luar negeri. Bagi kamu yang ingin  mendaftar untuk beasiswa LPDP perlu ada beberapa berkas yang kamu lampirkan untuk seleksi administrasi.

Disadur dari laman Beasiswa.kamikamu.co.id, ada 5 tips yang bisa kamu lakukan agar lolos seleksi LPDP:

1. Melengkapi Syarat Administrasi

Hal yang pertama kali harus kamu pastikan adalah administrasi yang lengkap, sesuai dengan persyaratan. Akan lebih baik jika kamu melakukan persiapan dokumen untuk persyaratan jauh hari sebelumnya, seperti tes TOEFL, ijazah dan dokumen-dokumen lain.

Baca Juga: 5 Tips Jitu Agar Lolos Seleksi Administrasi Beasiswa LPDP

Bagi kamu yang ingin mendaftar kamu juga harus memastikan IPK mu sesuai dengan standar batas yang ditetapkan. Biasanya nilai yang dibutuhkan adalah minimal 3.00

2. Essay dan Rencana Studi

Untuk lolos seleksi administrasi, essay yang kamu kirimkan harus bagus. Pilihlah topik yang mempunyai pengaruh besar terhadap bangsa.

Selain itu, rencana studi yang kamu buat harus jelas dan terarah. Kamu bisa menentukan program jurusan juga universitas yang kamu incar secara matang. Dalam penulisan essay terdapat 3 bagian utama, yaitu pembuka, isi, dan penutup.

3. Nilai TOEFL dan IELTS

Untuk lolos administrasi S2 kamu harus mempunyai salah satu sertifikat Bahasa Inggris. Untuk penilaian skor TOEFL dan IELTS terbagi menjadi 2 yaitu untuk magister dan doktoral.

Baca Juga: Ini Tips Lolos Beasiswa LPDP 2023

Kamu bisa menggunakan TOEFL iBT, IELTS, TOEIC, TOAFL. Untuk mendapatkan nilai tersebut kamu bisa berlatih atau mengikuti kursus sebelum tes tersebut. Sertifikat tes tersebut bisa digunakan dalam jangka waktu satu tahun, pada umumnya. Jadi kamu bisa mempersiapkan tes  ini jauh-jauh hari.

4. Dapatkan informasi yang benar

Banyak sumber informasi yang  beredar tentang beasiswa ini. Untuk memastikan kebenaran informasi tersebut kamu  bisa memastikan mencari informasi dari pihak yang terpercaya.

Misalnya dari pihak LPDP atau dari mentor  yang merupakan alumni beasiswa LPDP. Dengan begitu kamu akan mendapatkan update berita terbaru dan terpercaya.

5. Letter of Acceptance

Kamu yang sudah mendapatkan LoA atau Letter of Acceptance di Universitas yang kalian inginkan akan meningkatkan kesempatan untuk mendapatkan beasiswa ini. LoA menjadi nilai tambah untuk profilmu juga. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga