Beredar Rumor Program Kampus Merdeka Belajar Bakal Distop

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Selasa, 30 Juli 2024
0 dilihat
Beredar Rumor Program Kampus Merdeka Belajar Bakal Distop
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengikuti rapat kerja dengan Komisi X DPR di Kompleks Parlemen Senayan. Foto: Repro antaranews.com

" Kemendikbudristek memastikan bahwa program MBKM akan tetap berjalan sesuai rencana, memberikan kepastian kepada mahasiswa yang telah terdaftar "

JAKARTA, TELISIK.ID - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologir (Kemendikbudristek) menanggapi rumor yang beredar mengenai penghentian program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) untuk semester genap tahun akademik 2024/2025.

Dalam penjelasannya, Kemendikbudristek memastikan bahwa program MBKM akan tetap berjalan sesuai rencana, memberikan kepastian kepada mahasiswa yang telah terdaftar.

Program MBKM dirancang untuk memberikan pengalaman yang relevan bagi mahasiswa, membantu mereka mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja setelah lulus. Program ini, yang pertama dalam sejarah, menawarkan fleksibilitas dan kesempatan luas yang didanai oleh pemerintah, seperti dilansir dari cnnindonesia.com, Selasa (30/7/2024).

Rumor penghentian program MBKM muncul di media sosial akibat adanya pemeriksaan anggaran oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Namun, Kemendikbudristek menegaskan bahwa proses penyesuaian linimasa terjadi karena pembukaan Automatic Adjustment terhadap anggaran belanja wajib bidang pendidikan, bukan karena penghentian program.

Sejak diluncurkan pada tahun 2021, program MBKM telah memberikan manfaat kepada 404.155 mahasiswa dan melibatkan hampir 30.253 praktisi. Angka ini menunjukkan peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, mengindikasikan keberhasilan program dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Baca Juga: 3 Penjurusan Mata Pelajaran Jenjang SMA Resmi Dihapus

Selain itu, program MBKM juga membuka banyak kesempatan magang di perusahaan terkemuka di Indonesia. Beberapa perusahaan besar seperti Google Bangkit, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, dan BRI telah menerima ribuan mahasiswa untuk mengikuti program magang, memberikan mereka pengalaman berharga di dunia industri.

Penyesuaian linimasa dalam program MBKM telah diumumkan oleh Kemendikbudristek. Program Kampus Mengajar akan membuka pendaftaran mahasiswa dari 6 Mei hingga 10 Juni 2024, dengan pengumuman hasil seleksi pada 7 Agustus 2024. Program ini akan dimulai dengan pembekalan pada 27 Agustus 2024 dan pelaksanaan di sekolah pada 9 September 2024, bersumber dari antaranews.com.

Program Indonesian International Student Mobility Award Professional (IISMA-E) untuk kategori Entrepreneur akan membuka pendaftaran pada 8 Mei 2024. Hasil seleksi akan diumumkan pada 7 Agustus 2024, dengan kegiatan dimulai pada 4 Oktober 2024.

Baca Juga: Fosil Dinosaurus Jutaan Tahun Berhasil Ditemukan Usai Hujan Deras di Brasil

Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) akan membuka pendaftaran mahasiswa dari 26 April hingga 10 Juni 2024. Proses seleksi dan pengumuman hasil oleh mitra akan dilakukan dari 21 Agustus hingga 4 September 2024, dengan kegiatan dimulai pada 9 September 2024.

Program Praktisi Mengajar akan membuka pendaftaran untuk koordinator perguruan tinggi, dosen, dan praktisi dari 1 Agustus hingga 16 Agustus 2024. Hasil seleksi kelas kolaborasi akan diumumkan pada 23 hingga 25 September 2024, dengan kelas dimulai pada 4 Oktober 2024 dan berakhir pada 6 Januari 2025.

Program Wirausaha Merdeka (WMK) akan membuka pendaftaran mahasiswa dari 5 Agustus hingga 3 September 2024. Hasil seleksi akan diumumkan dari 16 hingga 19 September 2024, dengan kegiatan dimulai pada 23 September 2024. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga