Makam Raja Muna IV Dibongkar OTK

Sunaryo, telisik indonesia
Sabtu, 24 April 2021
0 dilihat
Makam Raja Muna IV Dibongkar OTK
Camat Loghia, Hajar Sosi bersama warga melihat makam Sugi Patani yang dibongkar. Foto: Sunaryo/Telisik

" Jadi waktu hari Kamis (22/4/2021), perangkat desa mau mengantar tamu di makam itu, pas tiba makam sudah berantakan. Batu dan tanahnya sudah berhamburan. "

MUNA, TELISIK.ID - Makam Raja Muna ke-IV, La Patani dengan gelar Sugi Patani yang terletak di kawasan situs sejarah Gua Liangkabori, Kecamata Loghia, Kabupaten Muna dibongkar oleh orang tak dikenal (OTK).

Tumpukan batu-batu dan tanah pada makam leluhur itu, dihambur begitu saja.

Diduga kuat, ada barang berharga yang diambil di dalam makam yang terletak di belakang balai Desa Liangkabori itu.

Warga desa sangat terkejut melihat kondisi makam yang sudah berantakan. Terbongkarnya makam itu pertama kali diketahui oleh salah seroang perangkat desa yang hendak mengantarkan tamu dari Dinas Pariwisata Provinsi Sultra.

"Jadi waktu hari Kamis (22/4/2021), perangkat desa mau mengantar tamu di makam itu, pas tiba makam sudah berantakan. Batu dan tanahnya sudah berhamburan," kata Hajar Sosi, Camat Loghia, Sabtu (24/4/2021).

Baca Juga: Jubir KPK: AKP Stepanus Robin Bukan Penyidik Kasus Korupsi Tanjung Balai

Mengetahui terbongkarnya makam tersebut, ia bersama Kepala Desa Liangkabori dan desa-desa tetangga segera mencari tahu siapa pelaku yang berani merusak makam leluhur masyarakat Muna itu.

"Kita masih cari tahu terus siapa pelakunya," ujarnya.

Sugi Patani merupakan Raja Muna ke-IV setelah Sugi Ambona (Raja Muna ke-III). Sugi Patani menjalankan pemintahan sejak tahun 1455-1470. Setelah itu, posisinya diganti Raja Muna ke-V, Sugi Laende.

Makam Sugi Patani berdekatan dengan makam Sugi Ambona di Desa Liangkabori. Dimana, makam Sugi Patani di belakang Balai desa dan Sugi Ambona di depan Balai Desa Liangkabori. (B)

Reporter: Sunaryo

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga