Makin Canggih, Robot Masa Depan Bakal Ringankan Pekerjaan Rumah Tangga

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 18 Februari 2024
0 dilihat
Makin Canggih, Robot Masa Depan Bakal Ringankan Pekerjaan Rumah Tangga
Pada Pameran teknologi Consumer Electronics Show (CES) 2024, LG meluncurkan agen rumah pintar AI yang bertindak sebagai "Rosie". Foto: Review.journal.com

" Pernahkah membayangkan di masa depan, robot bisa mengerjakan seluruh pekerjaan rumah tangga? Para peneliti dari Inggris dan Jepang meminta 65 pakar kecerdasan buatan (AI) untuk memprediksi jumlah otomatisasi dalam tugas-tugas rumah tangga biasa dalam 10 tahun "

KENDARI, TELISIK.ID - Pernahkah membayangkan di masa depan, robot bisa mengerjakan seluruh pekerjaan rumah tangga? Para peneliti dari Inggris dan Jepang meminta 65 pakar kecerdasan buatan (AI) untuk memprediksi jumlah otomatisasi dalam tugas-tugas rumah tangga biasa dalam 10 tahun.

Para ahli memperkirakan belanja bahan makanan kemungkinan besar akan mengalami otomatisasi paling besar, sementara merawat orang tua dan muda adalah yang paling kecil kemungkinannya terkena dampak AI. Penelitian ini dipublikasikan di jurnal PLOS ONE.

Para peneliti dari Universitas Oxford dan Universitas Ochanomizu Jepang ingin mengetahui dampak robot terhadap pekerjaan rumah tangga yang tidak dibayar.

"Jika robot akan mengambil alih pekerjaan kita, akankah mereka setidaknya juga membuang sampah untuk kita?" tanya mereka.

Baca Juga: 4 Siswa SD di China Ciptakan Robot Humanoid Terkecil di Dunia, Lebih Pendek dari Pulpen

Robot untuk tugas-tugas rumah tangga, seperti robot penyedot debu telah menjadi robot yang paling banyak diproduksi dan dijual di dunia. Tim tersebut bertanya kepada 29 pakar AI dari Inggris dan 36 pakar AI dari Jepang mengenai perkiraan mereka mengenai robot di rumah.

Para peneliti menemukan bahwa pakar laki-laki di Inggris cenderung lebih optimis terhadap otomasi domestik dibandingkan dengan pakar perempuan, hal sebaliknya terjadi di Jepang. Namun tugas yang menurut para ahli dapat dilakukan oleh otomatisasi bervariasi.

"Hanya 28 persen pekerjaan perawatan, termasuk aktivitas seperti mengajar anak Anda, mendampingi anak Anda, atau merawat anggota keluarga yang lebih tua, diperkirakan akan dilakukan secara otomatis", kata Dr Lulu Shi, peneliti pascadoktoral, Oxford Internet Institute, dikutip dari Bbc.com.

Di sisi lain, teknologi diperkirakan dapat mengurangi 60 persen waktu yang kita habiskan untuk berbelanja bahan makanan, kata para ahli.

Namun prediksi bahwa “dalam sepuluh tahun ke depan” robot akan membebaskan kita dari pekerjaan rumah tangga mempunyai sejarah yang panjang dan beberapa skeptisisme mungkin diperlukan.

Salah satu robot yang diciptakan untuk meringankan pekerjaan manusia pada 2024 ini adalah robot bernama "rosie" yang dikeluarkan oleh perusahaan LG.

Pada pameran teknologi Consumer Electronics Show (CES) 2024, LG meluncurkan agen rumah pintar AI yang bertindak sebagai "Rosie".

Melansir Sea.mashable.com, CEO LG William Cho berbicara tentang bagaimana data yang dikumpulkan dari produk LG dapat dimanfaatkan untuk melatih kecerdasan buatan dalam memahami dan bahkan memprediksi perilaku dan kebutuhan pelanggan.

Baca Juga: Tak Perlu Dokter, Robot AI Bisa Kenali dan Diagnosa Berbagai Penyakit

Tidak mengherankan jika LG sangat fokus pada AI dan IoT. Jika tahun 2023 adalah tahun ChatGPT dan chatbot AI, maka tahun 2024 akan menjadi tahun dimana AI generatif diterapkan pada perangkat keras, perangkat yang dapat dikenakan, dan robotika.

Rosie adalah robot kecil berkaki dua (peningkatan dari roda tunggal Rosie mana yang berbahaya) mana yang sebenarnya berkeliaran di rumahmu, tolong Anda melakukan pekerjaan rumah melalui peralatan rumah pintar LG.

Robot ini dapat berfungsi sebagai pemantau hewan peliharaan dan berpatroli di rumah untuk membuka jendela atau lampu yang menyala saat Anda keluar. Ini juga dapat mengingatkan Anda ketika Anda perlu minum obat dan melakukan panggilan darurat.

Selain itu, perangkat ini dirancang untuk menyambut Anda di depan pintu saat Anda pulang dan dapat membaca suasana hati Anda berdasarkan analisis suara dan wajah — tidak diragukan lagi, perangkat ini memiliki aspek robot-pengurus rumah tangga paling era 60-an. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga