Makna Sumpah Pemuda, Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara Komit Majukan Bangsa

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Minggu, 29 Oktober 2023
0 dilihat
Makna Sumpah Pemuda, Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara Komit Majukan Bangsa
Upacara Sumpah Pemuda ke-95, dipimpin langsung Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham, Muslim.Foto: Ist.

" Dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda ke-95, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemdnkumham) Sulawesi Tenggara melaksanakan upacara bendera, Sabtu (28/10/2023). Menyusul pedoman upacara dari Plh Sekretaris Jenderal, pukul 07.30 Wita dengan pakaian KORPRI "

KENDARI, TELISIK.ID - Dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda ke-95, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemdnkumham) Sulawesi Tenggara melaksanakan upacara bendera, Sabtu (28/10/2023). Menyusul pedoman upacara dari Plh Sekretaris Jenderal, pukul 07.30 Wita dengan pakaian KORPRI.

Pada kesempatan itu, Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Ario Bimo Nandito Ariotedjo melalui Kepala Divisi Pemasyarakatan, Muslim, Inspektur Upacara, menggarisbawahi pentingnya momen peringatan Sumpah Pemuda ke-95.

Tema tahun ini 'Bersama Majukan Bangsa', membangkitkan semangat gotong royong pemuda, merefleksikan semangat patriotisme, dan menyatukan visi kebangsaan sejak Sumpah Pemuda 1928.

Baca Juga: Cegah TPPU dan TPPT, Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara Edukasi Pengguna Jasa Notaris di Kendari

Muslim menekankan komitmen kebangsaan, menyatakan persatuan dalam bertumpah darah satu tanah air, satu bangsa Indonesia, serta menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia. Dia menyerukan kebulatan tekad dari semua stakeholder, termasuk kementerian, pemerintah provinsi, kabupaten kota, organisasi kepemudaan, dan komunitas.

Seluruh pegawai Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara menggunakan pakaian KORPRI dalam upacara peringatan hari Sumpah Pemuda. Foto: Ist.

 

"Setiap pemuda perlu memiliki visi, misi, dan peran strategis untuk 30 tahun mendatang. Gotong royong lintas generasi dan sektor adalah strategi terampuh dalam memajukan bangsa ini," ujar Muslim.

Seiring dengan peringatan Sumpah Pemuda, melansir, news.detik.com, Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ariotedjo menekankan tingginya antusiasme pemuda Indonesia terhadap politik. Meskipun ada antipati terhadap partai politik, semangat pemuda dalam berpartisipasi dalam Pemilu 2024 sangat tinggi. Menpora mengemukakan pentingnya peran Kemenpora dalam mengedukasi dan mensosialisasi pemilih muda.

Baca Juga: Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara Diganjar Penghargaan, Rangkul Peserta MIC 2023 Terbanyak

"Peran anak muda sebagai penyejuk situasi politik dan ajakan untuk tetap bersatu dan gotong-royong merupakan tanggung jawab kita bersama," kata Dito.

Peringatan Sumpah Pemuda ke-95 bukan hanya menjadi pengingat akan sejarah, tetapi juga momentum bagi seluruh elemen masyarakat untuk bersatu dalam membangun bangsa. Dalam semangat gotong royong, Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara berkomitmen melanjutkan peran strategisnya dalam mewujudkan Indonesia yang lebih baik. (B-Adv)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga