Malam Taptu Muna Barat Digelar di Seluruh Kecamatan, Warga Antusias Ramaikan dengan Pawai Obor

Putri Wulandari, telisik indonesia
Jumat, 16 Agustus 2024
0 dilihat
Malam Taptu Muna Barat Digelar di Seluruh Kecamatan, Warga Antusias Ramaikan dengan Pawai Obor
Malam taptu di Muna Barat digelar di tiap kecamatan, siswa antusias mengikuti pawai obor. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Sambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan RI, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna Barat melakukan upacara malam taptu dan renungan suci yang dirangkaian dengan pawai obor di tiap kecamatan "

MUNA BARAT, TELISIK.ID – Sambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan RI, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna Barat melakukan upacara malam taptu dan renungan suci yang dirangkaian dengan pawai obor di tiap kecamatan, Jumat (16/8/2024) malam.

Upacara malam taptu dan renungan suci merupakan tradisi tahunan yang diselenggarakan di seluruh wilayah Indonesia setiap menjelang peringatan HUT Kemerdekaan RI.

Pantauan telisik.id, upacara malam taptu diawali dengan penyalaan obor yang dipimpin oleh Camat Lawa, La Ode Piliha, dan diikuti oleh seluruh peserta didik lingkup Kecamatan Lawa serta Forkopimcam, baik TNI dan Polri serta dari Kemenag Muna Barat.

Baca Juga: DPC PDIP Muna Barat Optimis Menangkan La Ode Darwin-Ali Basa Meskipun Lawan Kotak Kosong

Pj Bupati Muna Barat, La Ode Butolo, mengatakan bahwa pelaksanaan malam taptu tahun 2024 di Kabupaten Muna Barat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kali ini pelaksanaannya di tiap kecamatan agar antusias dan semangat nasionalisme bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat.

“Ini sebagai bentuk untuk memeriahkan di setiap kecamatan, karena di tahun-tahun sebelumnya hanya terpusat di satu wilayah saja, dengan begini semua kecamatan meriah,” ujarnya.

Baca Juga: Kukuhkan Anggota Paskibraka, Ini Pesan Pj Bupati Muna Barat La Ode Butolo

Sementara itu, Camat Lawa, La Ode Piliha, mengakui pelaksanaan malam taptu tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. Pelaksanaan di seluruh kecamatan tahun ini, menurutnya, lebih meriah karena juga menampilkan pawai obor serta mendapat dukungan dari Forkopimcam.

“Pelaksanaan malam taptu ini (semoga) bisa terus menumbuhkan semangat nasionalisme bagi generasi muda tanpa mengenal lelah dan terus berprestasi untuk bangsa dan negara dalam mengisi kemerdekaan,” harap Piliha.

Rute malam taptu yang ditandai dengan penyalaan obor itu yakni dari kantor kecamatan menuju Kantor Urusan Agama (KUA) Lawa, selanjutnya ke Pasar Lambubalano menuju SMA Negeri 1 Lawa, lalu berputar ke Masjid Al ikhlas Wamelai dan berakhir di Kantor Camat Lawa. (adv/B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga