Pemda Bombana Upayakan Harga Stabil Selama Ramadhan

Melsandy Wauda, telisik indonesia
Minggu, 31 Maret 2024
0 dilihat
Pemda Bombana Upayakan Harga Stabil Selama Ramadhan
Pemda dan Dinas Pertanian selenggarakan Lapak Tani untuk memastikan harga stabil jelang ramahdhan. Foto: Ist.

" Dalam upaya pengendalian inflasi daerah, Pemda Bombana melalui Dinas Pertanian menggelar kegiatan Lapak Tani Ramadhan yang bertempat di depan RTH Bombana "

BOMBANA, TELISIK.ID - Dalam upaya pengendalian inflasi daerah, Pemda Bombana melalui Dinas Pertanian menggelar kegiatan Lapak Tani Ramadhan yang bertempat di depan RTH Bombana, pada Selasa (26/3/2024).

Kegiatan ini dibuka oleh Sekda Bombana, Man Arfa sebagai perwakilan Pemerintah Daerah Kabupaten Bombana, dan jajaran pemerintah yang terkait, juga warga masyarakat hadir dalam kegiatan tersebut.

Salah satu tujuan diadakan kegiatan ini adalah meningkatnya permintaan komoditas pangan pada Minggu kedua Ramadhan dan menjelang Lebaran, serta pengaruh transisi cuaca dari Elnino ke Lanina, dimana curah hujan relatif tinggi dan mempengaruhi kualitas dan kuantitas panen petani sehingga lonjakan harga tak terhindarkan.

Baca Juga: Pemda Bombana akan Rekrut 884 ASN

“Gejolak harga pangan di pasaran (volatile food) berkisar diangka 3,7. Oleh karena itu, kami melibatkan beberapa pelaku usaha untuk berpartisipasi menurunkan angka inflasi didaerah Bombana,” tutur Muhammad Siarah selaku Kepala Dinas Pertanian Bombana.

Oleh karena itu, menanggapi ini, Dinas Pertanian menginisiasi kegiatan Lapak Tani dengan melibatkan partisipasi dari pelaku usaha antara lain PT. PAG, Poktan Penggilingan Padi, Poktan Ayam Petelur dan Poktan Horti dengan menjual harga yang murah dan terjangkau tanpa disubsidi sehingga dipertengahan dan menjelang lebaran kesenjangan kebutuhan dan harga dapat distabilkan.

Baca Juga: Pemda Bombana Persiapkan Pengadaan ASN 2024

Dalam sambutannya, Sekda berharap kegiatan ini dapat menumbuhkan jiwa sosial para pelaku usaha di bidang pertanian dalam rangka membantu memenuhi kebutuhan bahan pangan masyarakat dengan harga murah, khususnya di bulan Ramadhan dalam upaya menurunkan inflasi daerah melalui index perubahan harga.

“Kegiatan pasar murah, gerakan pangan murah dan kegiatan lapak tani yang saat ini sedang dilakukan oleh Dinas Pertanian, dapat menjaga kebutuhan dan harga bahan pokok pangan masyarakat tetap stabil,” ujar Man Arfa selaku Sekda Bombana. (B-Adv)

Penulis: Melsandy Wauda

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga