adplus-dvertising

Manfaat Berwudhu, Menjadi Cahaya di Hari Kiamat

Haerani Hambali, telisik indonesia
Minggu, 26 September 2021
5061 dilihat
Manfaat Berwudhu, Menjadi Cahaya di Hari Kiamat
Berwudhu bertujuan untuk menyucikan diri dan jiwa. Bukan sekadar membasuh bagian-bagian tubuh dengan air tetapi juga bisa menjaga kesehatan dan mencegah berbagai macam penyakit. Foto: Repro detik.com

" Berwudhu bertujuan untuk menyucikan diri dan jiwa. Wudhu memberikan manfaat yang sangat besar bagi kesehatan. "

KENDARI, TELISIK.ID - Wudhu menurut bahasa artinya bersih dan indah, sedang menurut syara’ artinya membersihkan anggota wudhu untuk menghilangkan hadas kecil.

Dikutip dari Merdeka.com, Al Imam Ibnu Atsir Al-Jazary rohimahumullah (seorang ahli bahasa) menjelaskan bahwa jika dikatakan wadhu’ maka yang dimaksud adalah air yang digunakan berwudhu. Bila dikatakan wudhu maka yang diinginkan di situ adalah perbuatannya. Jadi, wudhu adalah perbuatan dan waduh adalah air wudhu.

Berwudhu bertujuan untuk menyucikan diri dan jiwa. Wudhu memberikan manfaat yang sangat besar bagi kesehatan. Bukan sekadar membasuh bagian-bagian tubuh dengan air tetapi juga bisa menjaga kesehatan dan mencegah berbagai macam penyakit.


Dikutip dari detik.com, dalam buku "Kedahsyatan Wudhu" oleh Drs. Moehari Kardjono, berwudhu juga dapat menggugurkan dosa, sebagaimana diriwayatkan Abu Hurairah ra. bahwa Rasulullah Saw bersabda:

"Apabila seorang hamba muslim atau mukmin berwudhu, tatkala ia membasuh wajahnya keluarlah dari wajahnya seluruh dosa yang dilakukan matanya bersamaan dengan air itu atau dengan tetesan terakhirnya. Apabila dia membasuh dua tangannya maka akan keluar seluruh dosa yang dilakukan dengan tangannya bersamaan dengan air itu atau tetesan air yang terakhir. Apabila dia membasuh dua kakinya maka keluarlah seluruh dosa yang telah dilangkahkan oleh kakinya bersama air atau tetesannya yang terakhir sehingga dia selesai wudhu dalam keadaan bersih dari dosa." (HR. Muslim).

Berikut ini manfaat dari berwudhu, dikutip dari Merdeka.com:

1. Menghapuskan dosa-dosa

Setiap muslim yang berwudhu maka Allah SWT akan mengampuni kesalahan-kesalahannya. Selain itu, berwudhu juga dapat meningkatkan derajat seseorang dan akan selalu diberikan kesabaran saat menghadapi perkara yang tidak disenangi.

Hal ini sebagaimana yang tercantum dalam salah satu hadis, Rasulullah SAW bersabda:

"Maukah aku tunjukkan kepada kalian atas apa yang membuat Allah menghapus kesalahan dan mengangkat derajat?" Para sahabat menjawab, "Tentu, ya Rasul." Beliau melanjutkan, “Menyempurnakan wudhu di pagi hari yang dingin, bersabar menghadapi perkara yang tidak disenangi, memperbanyak langkah ke masjid, dan menanti salat setelah salat. Itulah ribath," (HR. Muslim)

2. Melepaskan Belenggu dan Dikabulkan Keinginannya

Rasulullah SAW pernah menggambarkan bahwa orang yang tidur memiliki beberapa belenggu. Akan tetapi, jika orang tersebut bangun dan berwudhu, belenggu-belenggu tersebut akan terlepas dan akan dikabulkan segala keinginannya. Sebagaimana yang tercantum dalam hadis berikut, yang artinya:

"Dua orang laki-laki dari umatku dimana salah seorangnya bangun malam dan membawa dirinya untuk bersuci, sementara dia terbelenggu beberapa belenggu, kemudian berwudhu. Ketika berwudhu membasuh kedua tangannya, terlepaslah satu belenggu. Ketika berwudhu membasuh wajahnya, maka terlepaslah belenggu lainnya. Ketika berwudhu mengusap kepalanya, maka terlepaslah belenggu lainnya. Ketika membasuh kedua kakinya, maka terlepaslah belenggu berikutnya. Kemudian, Rabb berfirman kepada mereka yang ada di balik hijab, ‘Lihatlah hamba-Ku ini. Ia mengatasi dirinya. Apa pun yang diminta hamba-Ku itu kepada-Ku maka permintaan itu untuknya," (HR. Ibnu Hibban).

Baca juga: 7 Fenomena Alam yang Telah Dijelaskan Dalam Al-Qur'an

Baca juga: Ini Bahayanya Istri yang Kurang Bersyukur

3. Wajah Terlihat Berseri-seri

Manfaat berwudhu lainnya yaitu wajah akan terlihat berseri-seri. Setiap muslim yang terbiasa berwudhu, akan memberikan bekas pada wajah dan tangannya. Bahkan di hari kiamat nanti, orang yang senantiasa berwudhu wajahnya akan terlihat terang.

Rasulullah SAW sendiri menyarankan untuk melebihi tubuh yang dibasuh ketika berwudhu, supaya di hari kiamat nanti terlihat berseri-seri. Hal ini sebagaimana yang dijelaskan dalam salah satu hadis berikut, artinya:

"Sesungguhnya umatku pada hari Kiamat adalah al-ghurr dan al-muhajjalun karena bekas wudhu. Siapa saja yang mampu memanjangkan ghurr-nya maka lakukanlah!," (HR. Ahmad).

4. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Manfaat berwudhu lainnya adalah dapat menjaga daya tahan tubuh. Seperti dikutip dari NU Online, psikiater dan neurolog berkebangsaan Austria, Leopold Werner von Ehrenfels, mengatakan bahwa berwudhu menjadikan tubuh lebih sehat. Pasalnya, air wudhu dapat merangsang saraf-saraf tubuh, sehingga bisa menjaga daya tahan tubuh.

5. Bermanfaat untuk Kesehatan Kulit

Berwudhu memang memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan, salah satunya adalah mencegah penyakit kulit. Seseorang yang berwudhu, setidaknya lima kali dalam sehari, bisa menjaga kebersihan kulitnya. Selain itu, wudhu juga berfungsi efektif untuk menjaga kulit dari berbagai serangan penyakit.

6 Cegah Masalah Kesehatan

Dikutip dari detik.com, wudhu juga bermanfaat mencegah mulut dari penyakit. Selama berwudhu dan ketika berkumur-kumur dapat membantu hilangkan partikel makanan dan bakteri dari mulut.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Clinical Microbiology Reviews Journal dengan judul 'Penyakit Sistemik yang Disebabkan oleh Infeksi Oral' telah menemukan hubungan antara kurangnya penyakit sistemik dengan kesehatan mulut.

Penyakit sistemik ini termasuk Penyakit Kardiovaskular, Osteoporosis, Pneumonia hingga komplikasi terkait diabetes.

Ketika berwudhu ada istilah Istinsyaq. Istinsyaq adalah sunah dalam wudhu yakni menghirup air ke dalam rongga hidung. Dalam dunia kesehatan, istinsyaq sama halnya dengan nasal irigation yang berarti mencuci rongga hidung dari segala macam kotoran yang ada di dalamnya mulai dari debu hingga bakteri.

Kalau dalam sehari kita melakukan sholat 5 waktu dan setiap berwudhu beristinsyaq sebanyak tiga kali, malah dalam sehari kita sudah membersihkan rongga hidung sebanyak 15 kali.

Jika rongga hidung bersih, kita tentu akan terhindar dari berbagai penyakit saluran pernapasan seperti influenza hingga Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

7. Peredaran Darah Jadi Lancar

Dikutip dalam buku "Dahsyatnya Terapi Wudhu" oleh Muhammad Syafie el-Bantanie, berwudhu yang dilakukan secara teratur bisa membantu lancarkan peredaran darah. Saat kulit bersentuhan dengan air, maka akan terjadi normalisasi suhu tubuh karena bertemunya suhu panas dalam tubuh dengan suhu dingin air. Tubuh menjadi sejuk dan peredaran lancar.

Ketika peredaran tubuh lancar, maka kerja jantung menjadi optimal. Hal ini mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah dan menghindarkan tubuh dari risiko serangan jantung.

8. Memudahkan Berkonsentrasi

Saat berwudhu kita diwajibkan untuk mengusap kepala dengan air. Ini akan memberikan efek segar pada kepala yang membuat pikiran menjadi tenang dan mudah berkonsentrasi. Para ahli saraf menyebutkan bahwa air wudhu yang mendinginkan ujung-ujung saraf jari tangan dan jari kaki dapat mempengaruhi konsentrasi dan pikiran. (C)

Reporter: Haerani Hambali

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga