Manfaatkan Kulit Pisang untuk Kesehatan Wajah

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 06 Oktober 2020
0 dilihat
Manfaatkan Kulit Pisang untuk Kesehatan Wajah
Kulit pisang ternyata memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan wajah. Foto: Repro google.com

" Buah pisang sangat tinggi kandungan nutrisinya. Pisang mengandung provitamin A, vitamin B, tiamin, riboflavin, niasin, dan vitamin B6. Kandungan-kandungan yang terdapat dalam pisang ini sangat bagus untuk memberikan energi pada tubuh. "

KENDARI, TELISIK.ID - Kulit pisang sering kali dibuang karena dianggap tidak bermanfaat dan hanya menjadi limbah sampah organik. Padahal, jika diolah dengan benar, kandungan dalam kulit pisang ternyata memiliki manfaat yang cukup besar, khususnya untuk menjaga kesehatan wajah.

Dilansir Liputan6.com, selain rasa pisang yang enak, kandungan nutrisi dalam buah pisang juga cukup banyak dan baik untuk tubuh.

Buah pisang sangat tinggi kandungan nutrisinya. Pisang mengandung provitamin A, vitamin B, tiamin, riboflavin, niasin, dan vitamin B6. Kandungan-kandungan yang terdapat dalam pisang ini sangat bagus untuk memberikan energi pada tubuh.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini manfaat kulit pisang untuk menjaga kesehatan wajah yang perlu kamu ketahui:

1. Mengatasi Jerawat

Jangan buang kulit pisang yang kamu punya atau setelah memakan buahnya. Karena ternyata kulit pisang bisa digunakan untuk mengatasi masalah jerawat yang muncul di wajah.

Baca juga: Mute Selamanya Grup WhatsApp Sudah Bisa Dicoba

Caranya cukup mudah, hanya dengan mengaplikasikan kulit pisang pada bagian wajah yang berjerawat dan diamkan selama kurang lebih lima menit. Lakukan secara teratur agar hasilnya lebih maksimal.

2. Mengurangi Kerutan

Manfaat kulit pisang selanjutnya ternyata bisa digunakan untuk mengurangi kerutan yang ada di wajah. Cara memanfaatkan kulit pisang untuk mengurangi kerutan adalah dengan membuat masker dari kulit pisang dengan tambahan sedikit madu.

Kamu cukup mengambil bagian dalam dari kulit pisang kemudian haluskan dan campur dengan satu sendok teh madu. Aplikasikan masker ini ke wajahmu dan diamkan selama kurang lebih 15 menit.

3. Membuat Wajah Lebih Bersinar

Kamu bisa membuat wajahmu lebih bersinar atau lebih berseri-seri menggunakan kulit pisang. Caranya, gosokkan bagian dalam kulit pisang ke wajah setiap sebelum tidur. Diamkan semalaman dan bilas keesokan harinya. Usahakan bilas dengan air hangat. Lakukan cara ini setiap hari, agar hasil lebih maksimal.

4. Mengangkat Sel Kulit Mati

Manfaat kulit pisang selanjutnya adalah bisa mengangkat sel kulit mati pada wajah. Caranya kamu bisa membuat makser dari kulit pisang yang sudah di haluskan kemudian oleskan ke seluruh permukaan kulit dan diamkan selama 10-15 menit. Basuh dengan air bersih, dan lakukan kegiatan ini setiap hari untuk hasil yang lebih maksimal. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga