Mayoritas Negara Arab Diprediksi Lebaran 21 April, Bagaimana di Indonesia?

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Kamis, 13 April 2023
0 dilihat
Mayoritas Negara Arab Diprediksi Lebaran 21 April, Bagaimana di Indonesia?
Uni Emirat Arab (UEA) memperkirakan hilal 1 Syawal 1444 Hijriah di sebagian besar negara Islam akan jatuh pada 21 April 2023. Foto: Repro Kumparan.com

" Pusat Astronomi Internasional yang berbasis di Abu Dhabi, menyatakan 1 Syawal 1444 H diperkirakan jatuh pada hari Jumat, 21 April 2023 di sebagian besar negara Islam "

KENDARI, TELISIK.ID - Umat Islam sudah berada di penghujung ramadan dan akan segera menyambut hari raya. Beberapa negara muslim di timur tengah sudah memperkirakan hari raya Idul Fitri 1444 H jatuh pada Jumat, 21 April 2023.

Dilansir dari Kumparan.com, Pusat Astronomi Internasional yang berbasis di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA), menyatakan hari pertama Idul Fitri atau 1 Syawal 1444 H diperkirakan jatuh pada hari Jumat, 21 April 2023 di sebagian besar negara Islam.

Bulan sabit muda (hilal) Syawal kemungkinan akan terlihat pada Kamis, 20 April, bertepatan dengan 29 Ramadan. Demikian dikutip dari Emirates 24/7, Senin (10/4/2023).

Namun, di beberapa bagian Asia dan Australia, diperkirakan hilal sulit terlihat pada tanggal tersebut. Jika hilal tak tampak di daerah tersebut, maka Lebaran jatuh pada Sabtu (22/4/2023).

Meskipun secara astronomis datangnya Lebaran bisa dihitung, Uni Emirat Arab tetap akan melakukan pengamatan langsung lewat mata telanjang atau telekoskop. Panitia pengamatan bulan sabit (rukyatul hilal) UEA akan bersidang untuk memastikan tanggal resmi 1 Syawal.

Baca Juga: Penentuan 1 Syawal 1441 H, Posisi Hilal Wilayah Sultra Sudah Terlihat

Hilal Syawal diperkirakan akan tampak pada Kamis, 20 April juga disampaikan oleh badan astronomi Mesir.

“Di Arab dan kota-kota Islam, bulan sabit baru akan tetap ada setelah matahari terbenam pada hari itu untuk jangka waktu antara 10 dan 35 menit,” kata ahli astronomi Gad al-Qady.

Baca Juga: Hilal 1 Syawal Tidak Terlihat di Pantai Buhari Kolaka

Sementara dikutip dari Kompas.com, Profesor Riset Astronomi dan Astrofisika Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Thomas Djamaluddin menjelaskan, pemerintah dan Muhammadiyah berpotensi merayakan Lebaran di tanggal yang berbeda.

Menurut dia, pemerintah kemungkinan akan memutuskan Idul Fitri jatuh pada Sabtu, 22 April 2023. Sementara Muhammadiyah, telah menetapkan 1 Syawal 1444 H jatuh pada Jumat, 21 April 2023.

"Ya, versi pemerintah dan beberapa ormas Islam Idul Fitri 22 April, versi Muhammadiyah 21 April," kata dia, dikutip dari Kompas.com. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga