Memprihatinkan, TMP Watoputeh Butuh Renovasi

Sunaryo, telisik indonesia
Rabu, 17 Agustus 2022
0 dilihat
Memprihatinkan, TMP Watoputeh Butuh Renovasi
Kondisi papan abadi TMP Watoputeh dan Bupati Muna, LM Rusman Emba. Foto: Sunaryo/Telisik

" Kondisi taman makam pahlawan (TMP) Watoputeh, Kabupaten Muna, sangat memprihatinkan. Fasilitas seperti pagar, tempat persemaian dan papan abadi telah rusak berat. Kini, satu-satunya TMP di Muna itu butuh renovasi "

MUNA, TELISIK.ID - Kondisi taman makam pahlawan (TMP) Watoputeh, Kabupaten Muna, sangat memprihatinkan. Fasilitas seperti pagar, tempat persemaian dan papan abadi telah rusak berat. Kini, satu-satunya TMP di Muna itu butuh renovasi.

Bupati Muna, LM Rusman Emba tidak tinggal diam melihat kondisi itu. Katanya, sejak tahun 2020, renovasi TMP telah dianggarkan melalui Dinas Sosial (Dinsos) sebesar kurang lebih Rp 700 juta. Namun karena COVID-19, terkena refocusing anggaran. Kemudian, tahun 2021 anggaranya kembali diusulkan melalui pinjaman pada program pemulihan ekonomi nasional (PEN), akan tetapi lagi-lagi tidak terkafer setelah dilakukan verifikasi.

Nah tahun ini, untuk renovasi telah dianggarakan melalui Dana Alokasi Umum (DAU) yang melekat pada Dinsos.

"InsyaAllah tahun ini kita tuntaskan, sehingga TMP ini bisa lebih representatif," kata Rusman di sela-sela peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77, Rabu (17/8/2022).

Baca Juga: Puluhan Peserta Upacara HUT RI di Kolaka Utara Tumbang, Satu Dirawat Intensif

Baca Juga: Semua Warga Berhak Maju Pilkada 2024, Ahali Fokus Bantu Bupati

Kadinsos Muna, La Kore mengaku, di APBD 2022, dana renovasi TMP baru diporsikan sebesar Rp 300 juta. Dana itu untuk rehabilitasi gedung persemaian.

"Di perubahan APBD, kita akan usulkan lagi untuk penataan lokasi kubur, papan abadi dan pagar," ungkapnya.

Sementara itu, Camat Watoputeh, Ali Fakara menerangkan, luas lahan TMP kurang lebih 1 hektare. Di lokasi terdapat 34 kubur pahlawan yang kondisinya sangat memprihatinkan. Ia berharap, pemkab melalui instansi terkait dapat segera melakukan perbaikan mengingat TMP Watoputeh merupakan ikon daerah.

"Suatu kebanggan bagi kami TMP ini," tukasnya. (A)

Penulis: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga