Mengenal Kolonel Sanders, Sosok di Balik Kesuksesan KFC

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 02 November 2022
0 dilihat
Mengenal Kolonel Sanders, Sosok di Balik Kesuksesan KFC
Colonel Harland Sanders merupakan sosok pendiri yang punya kisah inspiratif dalam membangun KFC hingga seperti saat ini. Foto: Repro google.com

" Di balik kesuksesan KFC, ada sosok pendiri yang punya kisah inspiratif dalam membangun KFC hingga seperti saat ini. Dia adalah Colonel Harland Sanders "

JAKARTA, TELISIK.ID - Siapa yang tidak kenal dengan Kentucky Fried Chicken alias KFC? Brand ayam goreng ini sudah tersebar di hampir seluruh dunia.

Di balik kesuksesan KFC, ada sosok pendiri yang punya kisah inspiratif dalam membangun KFC hingga seperti saat ini. Dia adalah Colonel Harland Sanders.

Dikutip dari gramedia.com, KFC memiliki rasa ayam goreng unik dan disukai banyak orang di seluruh dunia. Setelah sukses mendirikan KFC, Colonel Harland secara mengejutkan pernah bekerja sebagai kuli, petugas taman, dan prajurit militer.

Pada tahun 1930, ia mendirikan Colonel Harland Sanders Restaurant, setelah itu bisnisnya berkembang dan menjadi terkenal seperti sekarang.

Kemudian ia melanjutkan mencoba menu ayam goreng hingga menemukan resep khusus ayam goreng. Sederhananya, pensiunan tentara memutuskan untuk pensiun dan menjual resep ayam goreng ala KFC ke restoran di distrik Outta, Amerika Serikat.

Baca Juga: Biografi Nick Vujicic, Motivator Dunia Tanpa Tangan dan Kaki

Dia melakukan tur untuk menyajikan resep selama dua tahun dan menerima lebih dari 1.000 penolakan. Dia akan berhasil dengan kepercayaan diri yang tidak konstan.

Colonel Harland terus berupaya untuk membawa KFC ke seluruh penjuru dunia. Kegigihannya menjadi kisah inspiratif bagi orang lain untuk tidak pernah menyerah menghadapi rintangan dan masalah.

Pada tahun 1963, dilansir dari biografiku.com, jumlah rumah makan yang berada di bawah franchise KFC-nya mencapai enam ratus tempat. Jumlah tersebut terlalu banyak dan tidak mungkin dia memikulnya sendiri.

Oleh karena itu, Harland Sanders memutuskan untuk menjual bisnis waralaba KFC-nya kepada Jhon Brown Junior dan seorang miliuner Jack Mass seharga satu juta dolar.

Selain itu, Sanders juga mendapat gaji setiap bulan seumur hidup sebesar empat puluh ribu dolar (kemudian mengalami kenaikan menjadi tujuh puluh lima ribu dolar) sebagai ganti dari peranannya sebagai konsultan, iklan yang telah dia publikasikan, dan jabatannya sebagai direktur utama perusahaan.

Baca Juga: Sosok Inshira Vieta, Link Video 12 Detik No Sensor Jadi Buruan di Twitter dan Tiktok

Kolonel Harland Sanders meninggal pada tahun 1980 dan dimakamkan di Louisville. Pada tahun 1982, bisnis waralaba KFC menjadi bagian dari anak perusahaan Reynolds dan pada tahun 1986, KFC dibeli oleh perusahaan Pepsi Cola dengan harga delapan ratus empat puluh juta dolar.

Pada tahun 1995, jumlah rumah makan tersebut mencapai sembilan ribu. Pegawainya mencapai tujuh ratus lima puluh ribu orang di sembilan puluh dua negara sedunia pada tahun 2005. Di Indonesia sendiri, KFC mulai ada di Indonesia pada bulan Oktober 1979.

Restoran waralaba ayam goreng ini dioperasikan oleh PT Fast Food Indonesia sebagai pemegang hak waralaba KFC di Indonesia. Perusahaan ini dimiliki oleh keluarga Gelael sebagai pemilik KFC Indonesia. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga