Menikmati Keindahan Kota Kendari dari Puncak Victo di Kampung Watu-Watu

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Minggu, 23 Juli 2023
0 dilihat
Menikmati Keindahan Kota Kendari dari Puncak Victo di Kampung Watu-Watu
Puncak Victo merupakan kawasan camping ground dengan view Kota Kendari. Puncak ini berada dikentinggian 250 meter di atas permukaan laut. Foto: jadesta.kemenparekraf.go.id

" Kota Kendari, Sulawesi Tenggara memiliki sejumlah tempat wisata yang menarik dan tak kalah indah dari daerah lainnya, seperti pantai Nambo, Anjungan Kendari, hutan mangrove, spot tongkrongan kawasan jembatan Teluk Kendari, air terjun nanga-nanga hingga puncak victo atau ramai dikenal dengan nama puncak Amarilis "

KENDARI, TELISIK.ID - Kota Kendari, Sulawesi Tenggara memiliki sejumlah tempat wisata yang menarik dan tak kalah indah dari daerah lainnya, seperti pantai Nambo, Anjungan Kendari, hutan mangrove, spot tongkrongan kawasan jembatan Teluk Kendari, air terjun nanga-nanga hingga puncak victo atau ramai dikenal dengan nama puncak Amarilis.

Puncak victo merupakan kawasan camping ground dengan view Kota Kendari. Puncak ini berada di kentinggian 250 meter di atas permukaan laut, dengan kondisi puncak landai dan berada di kawasan hutan dikelilingi pepohonan rindang membuat udaranya sejuk. Untuk menuju lokasi puncak, pengunjung harus melewati Jalan Kodya Kelurahan Watu-Watu.

Puncak ini terletak di Kampung Watu-Watu Kota Kendari yang terletak di kawasan Tahura Nipa-nipa, menjadi satu dari 500 nominasi desa wisata, Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2023 yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Baca Juga: Desa Wisata Kollo Soha Wakatobi Tetap Asri Meski Dibangun Pelabuhan Ferry

Dilansir dari jadesta.kemenparekraf.go.id, meski baru disahkan menjadi desa/kampung  wisata Kota Kendari pada tahun 2022, namun Kampung Wisatu-watu sudah memiliki angka kunjungan wisata, dengan destinasi unggulan puncak Victorinox sebagai kawasan camping ground yang langsung berdampingan dengan wisata edukasi kawasan hutan Tahura, view teluk dan Kota Kendari menjadi jualan kepada para pengunjung saat berada di titik camping ground.

Air terjun Amarilis yang lokasinya tidak begitu jauh dari puncak. Pengunjung kerap kali menjadikan air terjun ini sebagai tempat persinggahan setelah dari puncak Victo. Foto: jadesta.kemenparekraf.go.id

 

“Selain kawasan camping ground, kampung wisata Watu-Watu puncak Victo memiliki kekuatan UMKM dan atraksi wisata pendukung, seperti air terjun dan sanggar seni. Beberapa UMKM di kawasan ini merupakan produk dan brand yang dikelola rumahan dan mampu bersaing, baik di tingkat daerah bahkan sudah dinikmati pengunjung internasional,” tulisnya.

Puncak victo ini selalu ramai dikunjungi saat akhir pekan, karena suasananya yang sejuk dan tak jauh dari pusat Kota Kendari. Selain itu, akses menuju puncak juga cukup mudah dan hanya membutuhkan waktu kurang lebih 40 menit.

Di perjalanan menuju puncak, pengunjung akan disuguhkan pemandangan indah dengan suasana hutan yang tenang dan sejuk. Selain itu, pengunjung juga dapat menyaksikan beberapa tumbuhan dan hewan yang hidup di sekitar hutan seperti,  monyet pantat merah, burung kutilang, kuskus hingga babi hutan.

Salah seorang pengunjung, Sariana Musa mengatakan, aksesnya yang dekat dari pusat Kota kendari membuat puncak ini menjadi pilihan wisatanya bersama rekan-rekannya untuk sekedar melepas penat dan menghirup udara segar dan sejuk.

Baca Juga: Keindahan Pasir Putih Pantai Hondue di Desa Kollo Soha Pulau Tomia

“Untuk ke puncak ini kita tidak butuh uang bayak, hanya bawa peralatan dan makanan kita sudah bisa menikmati indahnya lampu-lampu Kota Kendari saat malam dan matahari terbit saat pagi hari yang diselimuti awan, akses menuju puncak juga terbilang mudah jadi sangat cocok bagi orang-orang yang tidak terbiasa mendaki seperti kami,” ujar Sariana, Minggu (23/6/2023).

Selain puncak Victo, pengunjung juga bisa menikmati indahnya air terjun Amarilis yang lokasinya tidak begitu jauh dari puncak. Pengunjung kerap kali menjadikan air terjun ini sebagai tempat persinggahan setelah dari puncak untuk bersih-bersih badan atau sekedar foto dan menikmati kesejukkan airnya.

Pengunjung harus berjalan kaki menuruni bebatuan yang cukup terjal sebelum sampai ke air terjun ini. Tempat itu tidak kalah indah dengan air terjun lainnya, dengan kontur bebatuan dan ketinggian kurang lebih 7 meter, air terjun ini menawarkan keindahan dan kesejukan yang bisa menghilangkan penat. (B)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga