Desa Wisata Kollo Soha Wakatobi Tetap Asri Meski Dibangun Pelabuhan Ferry

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Kamis, 29 Juni 2023
0 dilihat
Desa Wisata Kollo Soha Wakatobi Tetap Asri Meski Dibangun Pelabuhan Ferry
Pantai Soha jadi salah satu destinasi unggulan di Desa Wisata Kollo Soha, pulau Tomia, Kabupaten Wakatobi. Foto: Instagram Dya_iganov

" Desa Kollo Soha di Kabupaten Wakatobi, masuk dalam jajaran nominasi program desa wisata yang diusung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) "

KENDARI, TELISIK.ID - Desa Kollo Soha di Kabupaten Wakatobi, masuk dalam jajaran nominasi program desa wisata yang diusung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Desa yang terletak di Kecamatan Tomia ini punya dua destinasi wisata unggulan yang dikunjungi banyak orang, yaitu pantai Hondue dan pantai Soha.

Menurut salah seorang warga setempat, Andreanti mengatakan desa tersebut dapat ditempuh dari pusat Kabupaten Wakatobi, Wangi-Wangi melalui jalur laut menggunakan Kapal Pungka dengan waktu kurang lebih tiga jam.

Baca Juga: Keindahan Pasir Putih Pantai Hondue di Desa Kollo Soha Pulau Tomia

Tak perlu berjalan jauh, Anda akan turun tepat di salah satu destinasi, Pantai Hondue yang belum lama ini memang dibangun sebagai Pelabuhan Ferry oleh pemerintah setempat.

Desa Wisata Kollo Soha, Wakatobi punya terumbu karang yang indah dan dapat dilihat secara jelas karena air pantainya yang jernih. Foto: Instagram Ix_and

 

Namun menurut salah seorang warga lainnya sekaligus influencer wisata, Chirman Al Chi, hal tersebut tak mengurangi keindahan dan asrinya pantai tersebut.

Keasrian pantai Soha dan Hondue tak lepas dari kontribusi warga setempat dalam menjaga keindahannya, pasalnya mereka rutin melakukan kerja bakti untuk membersihkan pesisir pantai.

Jika Anda datang sendiri atau hanya dengan rombongan kecil, Anda tidak perlu membayar sepeserpun alias gratis untuk memasuki desa. Berbeda halnya jika desa dijadikan tempat acara untuk rombongan, akan ada tarif retribusi yang dikenakan.

Gambaran keindahan Desa Wisata Kollo Soha salah satunya dapat dilihat dari kanal Youtube Chirman Al Chi. Di dalamnya terlihat keasrian pantai dengan bibir pesisir yang bersih.

Airnya yang tenang dan segar sangat cocok untuk dipakai berenang atau sekedar cuci mata menikmati ikan bakar bersama keluarga atau teman. Di pantai Hondue maupun Kollo Soha, punya air yang jernih sampai kelihatan terumbu karang yang indah meski direkam secara jauh dengan drone.

Baca Juga: Desa Sombu, Paket Lengkap Wisata di Wakatobi

Menurut Chirman, pantai Hondue dijuluki oleh masyarakat sekitar sebagai pantai cinta, karena pantai ini bisa membuat Anda jatuh cinta sekali mengunjunginya.

Dilansir dari Jadesta.kemenparekraf.go.id,  Kollo Soha dibentuk dari Desa Waitii Barat sejak Juli 2007. Desa Kollo Soha memiliki 2 dusun yaitu Dusun Soha dan Wangkudu.

Potensi sumber daya alam Desa Kollo Soha sangat menarik dengan adanya 2  pantai, yaitu pantai Soha dan pantai Hondue. Selain pantai, Desa Kollo Soha juga memiliki trumbu karang yang sangat menarik bagi wisatawan baik mancanegara maupun domestik. (B)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga