Menteri Teten Harap Pelaku UMKM Sultra Kolaborasi dengan Pemda

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Minggu, 13 Desember 2020
0 dilihat
Menteri Teten Harap Pelaku UMKM Sultra Kolaborasi dengan Pemda
Menko UKM, Teten Masduki saat memberikan arahan ke pelaku UMKM Sultra. Foto: Ist.

" Jangan biarkan UMKM tumbuh sendiri-sendiri. "

KENDARI, TELISIK.ID - Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki berharap pelaku UMKM yang ada di Sulawesi Tenggara (Sultra) mampu berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah (Pemda).

Menurut Teten, pelaku UMKM perlu berkolaborasi dengan berbagai pihak, terutama Pemda setempat.

"Jangan biarkan UMKM tumbuh sendiri-sendiri," ungkapnya, Minggu (13/12/2020).

Pelaku UMKM, lanjut Teten, dapat membuat usulan terkait apa saja yang menjadi masukan dan kebutuhan bagi pelaku UMKM, terutama industri kreatif di Sultra untuk diketahui lebih lanjut arahan atau upaya yang bisa dilakukan oleh Kementerian.

Baca juga: Pajak Minuman Beralkohol di Kota Kendari Bakal Naik

"Saat ini sudah banyak lembaga pendanaan bagi pelaku UMKM, baik dari pemerintah maupun lembaga swasta seperti perusahaan modal ventura. Diharapkan untuk ada upaya engagement juga dari UMKM sendiri. Coba dekati BI di Sultra, karena BI juga punya komitmen terhadap pelaku UMKM," tambahnya.

Lewat kolektivitas teman dalam jejaring komunitas dapat mengantar potensi unggulan yang ada di Sultra. Sehingga dapat masuk dalam suplai chain nasional maupun internasional, yang tentu di butuhkan gerak padu dengan stakeholder terkait.

"Pemprov, pemkab dan pemkot kiranya dapat bersinergi dengan semangat dan antusias para pelaku UMKM dan komunitas. Pemerintah pusat siap memfasilitasi dengan cara, pola dan model bisnis yang tepat, kami yakin Sultra akan ada dalam tataran itu," tuturnya.

Menkop UKM juga mengapresiasi berkembangnya berbagai usaha industri kreatif di Sultra, terutama di sektor pariwisata serta komoditas seperti kakao, kacang mete maupun produk unggulan lainnya, hingga bisa bersaing secara global. (B)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga