Menuju WBK dan WBBM, FMIPA UHO Jadi Pilot Project Pelaksana Reformasi Birokrasi

Andi Irna Fitriani, telisik indonesia
Senin, 20 Juni 2022
0 dilihat
Menuju WBK dan WBBM, FMIPA UHO Jadi Pilot Project Pelaksana Reformasi Birokrasi
Penandatanganan Pakta integritas, menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani lingkup FMIPA UHO Kendari. Foto: Andi Irna Fitriani/Telisik

" Deklarasi pengukuhan pencanangan zona integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) "

KENDARI, TELISIK.ID - Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, ditunjuk sebagai pilot project pelaksana reformasi birokrasi oleh Rektor UHO, Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu.

Hal itu secara resmi ditandai dengan, deklarasi pengukuhan pencanangan zona integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), dirangkaikan dengan Penandatanganan Pakta Integritas, Senin (20/6/2022).

Berdasarkan hal tersebut, Dekan FMIPA, Dr. Ida Usman mengatakan ke depannya FMIPA dapat menjadi percontohan penerapan pada unit-unit kerja dan melakukan penataan sistem penyelenggaraan pemerintahan yang baik, efektif dan efisien.

Sehingga dapat melayani masyarakat secara cepat dan tepat, serta menghapus penyalahgunaan wewenang dan praktek, Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN).

Ia menyampaikan, giat pencanangan tersebut telah lama dibahas, namun terkendala pandemi COVID-19 sehingga tertunda dan baru dilaksanakan.

"Tapi pencanangan hari ini suatu yang luar biasa, karena bisa dihadiri langsung oleh ibu Inspektur Jenderal Kemendikbud ristek Dikti," ungkapnya.

Baca Juga: STIE 66 Kendari Jadi PTS Pertama di Sulawesi Tenggara Terapkan SKPI Bagi Mahasiswa

Ia mengakui, ke depannya akan banyak hal yang harus dikerjakan, dibenahi, serta banyak hal yang harus dipersiapkan.

"Kami FMIPA menyatakan siap sebagai zona integritas, untuk mempersiapkan diri sebagai WBK menuju WBBM," pungkasnya.

Foto bersama usai penandatanganan Pakta integritas, menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani lingkup FMIPA UHO Kendari. Foto: Andi Irna Fitriani/Telisik

 

Tempat sama, Inspektur Jenderal Kemendikbud ristek Dikti, Dr. Chatarina Muliana Girsang, berharap dengan adanya zona integritas tersebut bisa terbangun budaya, di mana dalam melakukan pekerjaan bisa lebih efektif.

"Lebih efisien dan pelayanan yang lebih cepat, akurat dan bebas dari hal-hal yang bersifat koruptif," ucapnya.

Kemudian, dengan membangun zona integritas dalam melakukan setiap inovasi, dan perubahan diharapkan kualitas lulusan, khususnya di FMIPA bisa jauh lebih baik.

Baca Juga: PPDB Dimulai, Ini Lima Jalur Pendaftaran Bisa Dipilih Calon Siswa Baru

"Serta indikatornya terserap di dunia kerja, jadi siap pakai," katanya.

Sementara itu, Rektor UHO, Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, dalam hal ini diwakili, WR II Bidang Umum dan Keuangan, Weka Widayanti mengatakan, FMIPA dipilih sebagai zona integritas, salah satu alasannya karena berdasarkan evaluasi kinerja, FMIPA beberapa tahun lalu berhasil menjadi yang terbaik.

Sehingga, Ke depannya FMIPA akan menjadi pengungkit penyemangat, dan juga menjadi motivasi, serta diharapkan bisa diikuti oleh seluruh Fakultas dan Program yang ada di UHO Kendari.

"Juga beberapa unit, ada lembaga dan sebagainya, agar apa yang dilakukan oleh FMIPA bisa menjadi contoh untuk ke depannya," ungkapnya. (B)

Penulis: Andi Irna Fitriani

Editor: Musdar

Baca Juga