Menyoal Isu RS Mengcovidkan Pasien, di Konawe Tak Ada

Muhamad Surya Putra, telisik indonesia
Rabu, 18 November 2020
0 dilihat
Menyoal Isu RS Mengcovidkan Pasien, di Konawe Tak Ada
Sekda Konawe, Ferdinan Sapan. Foto: Muh. Surya Putra/Telisik

" Dokter dan tenaga kesehatan itu sudah disumpah profesi, jadi tidak mungkin mereka merekayasa hasilnya. Data COVID-19 itu dalam rilisnya berdasarkan data laboratorium, kecuali datanya dimanipulasi. "

KONAWE, TELISIK.ID - Beberapa pekan belakangan beredar isu di beberapa daerah di Indonesia, ada rumah sakit yang mengcovidkan pasien yang sebenarnya tidak terinfeksi virus corona.

Hal ini diperkuat dengan pernyataan Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI, Said Abdullah, yang meminta Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto untuk menindak tegas rumah sakit (RS) nakal di masa pandemi COVID-19.

Telisik.id mencoba mengonfirmasi perihal isu tersebut ke daerah, dalam hal ini Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara.

Melalui Ketua Satuan Tugas COVID-19 Kabupaten Konawe, Ferdinan Sapan dengan tegas menyatakan bahwa di Konawe melalui Satuan Tugas maupun RS Konawe yang berada di bawah naungan Pemerintah Kabupaten Konawe, tidak mempraktekkan hal demikian.

Dikatakan, pasien yang dinyatakan terkonfirmasi positif telah dilakukan serangkaian tes swab PCR, dan tidak mungkin hasil PCR direkayasa.

Baca juga: Anies Baswedan dan Pejabat DKI Jakarta Berpotensi Terjerat Pidana

"Dokter dan tenaga kesehatan itu sudah disumpah profesi, jadi tidak mungkin mereka merekayasa hasilnya. Data COVID-19 itu dalam rilisnya berdasarkan data laboratorium, kecuali datanya dimanipulasi," cetusnya, Rabu (18/11/2020).

Olehnya itu, tambahnya, Pemkab Konawe mendatangkan mobil swab PCR guna memastikan data hasil pemeriksaan yang dikeluarkan itu valid dan tidak menunggu lama untuk mengetahui hasil pemeriksaan.

"Makanya kita datangkan mobil swab itu, salah satu alasannya untuk akurasi hasil tes swab," ujar Ferdinan.

Pihaknya juga mengklaim keberhasilan dari adanya Rumah Sakit Darurat RSD COVID-19 Kabupaten Konawe, karena pasien positif yang dirawat tak ada satupun yang meninggal dunia. Adapun pasien positif warga Konawe yang meninggal, dirawat di RS Bahteramas.

"Dari 300-an pasien yang telah dirawat, semua sembuh di RSD COVID-19," tutupnya. (B)

Reporter: Muh. Surya Putra

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga