Merasa Ngantuk Setelah Makan? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Nurdian Pratiwi, telisik indonesia
Selasa, 31 Mei 2022
0 dilihat
Merasa Ngantuk Setelah Makan? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya
Anak Pendiri Sastra Literasi Terbesar di Asia Tenggara Juara Putri Indonesia 2022

" Rasa mengantuk setelah makan bisa disebabkan oleh faktor-faktor seperti seberapa banyak porsi makanan dan jenis makanan yang Anda konsumsi "

KENDARI, TELISIK.ID - Merasa mengantuk setelah makan, kerap dialami banyak orang. Meski tidak berbahaya, namun umumnya keadaan seperti ini seringkali dapat mengganggu aktivitas dan konsentrasi kamu.

Sebenarnya banyak faktor yang bisa menjadi penyebab hal tersebut terjadi. Salah satunya, pola makan kamu.

Mengutip dari kompas.com, ada penjelasan ilmiah terkait hal tersebut. Menurut, ahli diet dari Cleveland Clinic, Julia Zumpano, rasa mengantuk setelah makan disebut sebagai somnolen postprandial.

Kondisi ini bisa disebabkan oleh faktor-faktor seperti, seberapa banyak porsi makanan yang Anda makan. Kemudian juga jenis makanan yang Anda konsumsi.

Sebab beberapa makanan dapat melepaskan hormon tertentu yang mungkin membuat Anda lelah sehingga Anda merasa mengantuk usai memakannya.

Faktor lain penyebab ngantuk setelah makan adalah kualitas tidur Anda. Umumnya, Anda disarankan agar Anda tidur tujuh hingga sembilan jam setiap malam.

Namun jika Anda mengalami kesulitan tidur pada suatu malam, hal itu dapat mengganggu ritme sirkadian Anda sehingga menyebabkan tubuh Anda menjadi tidak sehat sepanjang hari.

Selain itu, untuk menahan rasa ngantuk, seringkali meminum kopi akan dapat membantu. Karena kopi memang memiliki kandungan kafein yang dapat menghalangi kerja hormon pada otak yang menyebabkan ngantuk.

Tapi Sebenarnya, banyak hal yang bisa kamu lakukan selain minum kopi untuk menghilangkan rasa ngantuk.

Berikut beberapa cara agar tak merasa mengantuk setelah makan:

1. Bergerak ringan setelah Anda makan

Dikutip dari hellosehat.com, jika Anda hanya duduk-duduk saja setelah makan, kemungkinan rasa ngantuk setelah makan akan lebih besar. Beraktivitas fisik dapat meningkatkan aliran darah sehingga oksigen dan zat gizi dapat dialirkan dengan baik ke seluruh sel-sel tubuh.

Baca Juga: Anak Pendiri Sastra Literasi Terbesar di Asia Tenggara Juara Putri Indonesia 2022

Berjalan setidaknya 15 menit setelah makan atau menaiki tangga dibandingkan lift mungkin dapat membantu mencegah kantuk.

2. Pilih makanan Anda dengan bijak

Saat makan siang, cara mengatasi ngantuk setelah makan yang bisa Anda lakukan adalah dengan memilih makanan dengan karbohidrat kompleks seperti serat, protein, dan cukup zat besi.

Saat makan malam, pilihlah karbohidrat sederhana dan protein. Kombinasi tersebut dapat membuat Anda ngantuk sehingga Anda bisa tidur lebih cepat dan nyenyak.

Pagi harinya, makanlah makanan yang mudah dicerna dan dapat memberikan energi awal yang cukup untuk memulai aktivitas.

3. Jangan makan terlalu banyak

Untuk mencerna semua makanan, tubuh membutuhkan lebih banyak energi. Hal ini tentu bisa membuat tubuh Anda merasa lelah dan ngantuk.

4. Minum air putih yang cukup

Cara mengatasi ngantuk setelah makan yang satu ini cukup berperan penting. Pasalnya, hasil riset yang dimuat pada jurnal ACSM’s Health & Fitness Journal (2013) menyatakan bahwa konsumsi air putih mampu membuat Anda tetap terjaga, bebas dari kantuk.

Baca Juga: Rezky Aditya Siap Tes DNA Usai Disebut Sebagai Ayah Biologis Anak Wenny Ariani

5. Atur jadwal makan dengan baik

Saat menjalani tips makan sehat ini, beri jeda waktu selama 3–4 jam dari jadwal makan pertama ke jadwal makan lainnya.

Bila Anda ingin makan pada malam hari, pastikan tidak kurang dari 3 jam sebelum Anda tidur. Hal ini berguna untuk menjaga kondisi perut agar tidak terlalu penuh. Jadi, perut bisa mencerna makanan secara optimal dan tidak memicu rasa kantuk. (C)

Penulis: Nurdian Pratiwi

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga