Mistik: Benarkah 5 Suara Misterius Ini Menandakan Kehadiran Hantu?

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Kamis, 11 Maret 2021
0 dilihat
Mistik: Benarkah 5 Suara Misterius Ini Menandakan Kehadiran Hantu?
Ilustrasi kehadiran Hantu. Foto: Repro Liputan6.com

" "

KENDARI, TELISIK.ID - Merasakan kehadiran hantu konon membangkitkan hampir seluruh panca indera manusia, yang kemudian memicu reaksi merinding dan was-was.

Meski belum sepenuhnya terbukti secara ilmiah, namun ciri-ciri tersebut lazim diakui oleh banyak orang yang mengaku pernah bertemu atau berinteraksi dengan hantu.

Melansir situs web Destination America, dari seluruh sensasi yang dirasakan panca indera, bisa jadi suara adalah tanda yang paling umum dirasakan oleh manusia ketika menyadari kehadiran hantu.

Berbagai film dan karya populer pun, menggambarkan suara hantu identik dengan tawa memekik, dan sesekali dengungan yang mengejutkan.

Namun, beberapa pengakuan dan juga penelitian yang dilakukan terhadap isu supranatural ini menyimpulkan, bahwa ada lebih banyak suara yang bisa menandakan kehadiran sang makhluk tak kasat mata itu.

Baca juga: Kenapa 8 Maret? Ini Penjelasan dan Sejarah Panjang Hari Perempuan Sedunia

Suara-suara itu ada yang terdengar samar hingga mengagetkan, namun semua memiliki satu benang merah, membuat manusia bingung dan khawatir dalam satu waktu.

Dikutip dari Liputan6.com, berikut lima suara misterius yang konon mengindikasikan kehadiran hantu, meski hantu kehadirannya belum bisa dibuktikan secara ilmiah:

1. Erangan

Ini adalah efek suara yang sering digambarkan di berbagai kisah populer tentang hantu, di mana fokusnya berada pada suara erangan kesakitan atau siksaan.

Jika ditanya bagaimana ciri-ciri lebih jelasnya, banyak kesaksian menyebut bahwa erangan mistis cenderung terdengar pelan, namun memekakkan telinga.

Setelah mendengarnya, para saksi mengaku merasakan sebuah perasaan was-was yang lambat laun membuat mereka ketakutan. Meskipun, tidak ada penampakan fisik yang muncul.

2. Bisikan

Pengakuan lain adalah ketika mereka merasakan aura mistis setelah mendengar suara bisikan yang tidak jelas, entah apakah itu suara dalam bahasa tertentu, atau gumaman bernada marah.

Satu hal yang pasti, banyak pihak sepakat bahwa suara bisikan tersebut berada pada frekuensi minor yang sulit dijangkau oleh telinga manusia.

Baca juga: Mengenal Sejarah Hari Raya Nyepi dalam Agama Hindu

3. Langkah Kaki

Langkah kaki adalah bentuk suara misterius lain yang cukup sering dilaporkan oleh mereka yang menyadari kedatangan hantu, biasanya langkah kaki datang dengan embusan angin dingin.

Jarak suara dan telinga yang mendengarkan biasanya konstan, tidak pernah dekat atau jauh.

4. Ketukan

Baik ketukan di lantai, dinding, ataupun pintu, suara ini adalah salah satu yang paling banyak diklaim oleh mereka yang pernah merasakan kehadiran hantu. Uniknya, suara ini tidak selalu hadir di lokasi sepi dan menyeramkan, bahkan bisa terdengar ketika sendirian di tengah keramaian.

5. Tangisan

Begitu banyak kisah hantu muncul dari kisah-kisah penuh tragedi memilukan. Tangisan adalah ciri yang lazim menandai kehadiran makhluk tak kasat mata.

Tidak hanya di Indonesia, di Amerika Serikat dan Eropa, klaim tentang tangisan gaib kerap dikaitkan dengan kemunculan hantu berwujud wanita. Tidak jarang, suara pilu disertai dengan perbedaan intonasi, di mana semakin jauh terdengar menandakan bahwa aslinya si hantu sedang berada dalam jarak dekat, dan berlaku anomali sebaliknya. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga