Mistik: Deretan Kota Berhantu yang Ditinggalkan Penduduknya

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Kamis, 30 Desember 2021
0 dilihat
Mistik: Deretan Kota Berhantu yang Ditinggalkan Penduduknya
Kota Bodie di California, Amerika yang telah lama ditinggalkan penduduknya. Foto: Repro Frameatrip.com

" Beberapa kota ini ditanggalkan oleh penduduknya dan terbengkalai begitu saja "

KENDARI, TELISIK.ID - Kota memang jadi pusat permukiman dan kegiatan penduduk yang mempunyai batas wilayah.

Setiap kota biasanya memiliki bangunan tua yang terbengkalai dengan suasananya yang horor.

Misalnya seperti beberapa kota ini ditanggalkan oleh penduduknya yang mungkin memiliki beberapa sebab dan terbengkalai begitu saja.

Berikut ini deretan kota berhantu yang terbengkalai yang ditinggalkan penduduknya dari berbagai macam belahan dunia dilansir dari Jurnalsoreang.

1. Kota Priypat, Ukraina

Pada 26 April 1986 terjadi peristiwa di dalam reaktor pembangkit listrik tenaga nuklir di Uni Soviet di wilayah Chernobyl.

Atas peristiwa tersebut ledakannya yang sangat dahsyat dan asap pekat di atas langit Priypat Ukraina, sehingga penduduk yang berjumlah 49.000 orang harus dievakuasi serta terjangkit penyakit yang berdampak pada kesehatannya.

Para ilmuwan memperkirakan bahwa perlu beberapa abad sebelum kota itu untuk ditempati kembali hingga saat ini.

2. Kota Oradour Sur Glane, Prancis

Pada tanggal 10 Juni 1944 Kota Oradour Sur Glane menjadi tempat pembantaian terburuk terhadap warga sipil Prancis selama Perang Dunia II.

Detasemen SS Waffen Nazi mengumpulkan dan membunuh 642 penduduk dan membakar sebagian besar rumah mereka hingga rata dengan tanah.

Baca Juga: Ini Fakta Thailand yang Jarang Diketahui, Pria Bisa Berubah Jadi Wanita

Bangunan selain rumah dan toko juga ikut hangus, setelah itu kota ini kosong ditinggalkan dan dijadikan sebuah museum untuk menyimpan sebuah kenangan yang ditemukan dari puing-puing yang tersisa.

3. Kota Craco, Italia

Dilansir dari Liputan6.com, Kota Craco atau yang dikenal dengan sebutan hillside ghost down ditemukan pertama kali pada Abad ke-8 dan kota ini banyak dipenuhi oleh tebing-tebing tinggi.

Namun, kota ini sudah ditinggalkan oleh penduduknya lantaran bencana alam yang terus terjadi.

Pada tahun 1963, banyak yang dievakuasi setelah tanah longsor; pada tahun 1972 banjir membuat kondisi semakin genting; dan pada 1980 gempa bumi menyebabkan kota itu ditinggalkan secara keseluruhan.

Akibat bencana, banyak warga yang meninggal dan terkubur di tanah itu. Konon, kota ini sangat berhantu. Banyak yang mengklaim jika hantu di sana adalah mereka yang dulu tinggal di sana.

4. Kolmanskop, Namibia

Kolmanskop adalah yang paling ramai di awal 1900-an, ketika penambang Jerman datang ke daerah itu untuk berburu berlian.

Kota ini memiliki ruang dansa, rumah sakit, dan arena bowling di antara fasilitas lainnya setelah ramai dikunjungi.

Baca Juga: Ternyata Ada Sekolah yang Ajarkan Siswa Jadi Pekerja Sex Profesional

Namun, tak lama setelah Perang Dunia I, kota ini benar-benar ditinggalkan. Banyak warga yang tak bisa berbuat apa-apa hingga meninggal di kawasan itu. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga