Terancam Bangkrut, Taliban Mohon Amerika Cairkan Aset Afghanistan

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Kamis, 18 November 2021
0 dilihat
Terancam Bangkrut, Taliban Mohon Amerika Cairkan Aset Afghanistan
Pasukan Taliban di Afghanistan. Foto: Repro AP

" Menteri Luar Negeri Taliban Amir Khan Muttaqi mengatakan bahwa pembekuan aset-aset Afghanistan di luar negeri, yang dilakukan oleh AS, merupakan akar dari permasalahan krisis di negara itu "

KABUL, TELISIK.ID - Kelompok pemerintah Afghanistan, Taliban, menyalakan alarm kebangkrutan negara itu.

Hal ini terlihat dari sebuah surat yang dikirimkan kelompok itu kepada anggota Kongres Amerika Serikat (AS).

Menteri Luar Negeri Taliban Amir Khan Muttaqi mengatakan bahwa pembekuan aset-aset Afghanistan di luar negeri, yang dilakukan oleh AS, merupakan akar dari permasalahan krisis di negara itu.

Baca Juga: Presiden China Telepon Presiden Israel Singgung Iran, Ada Apa?

Washington disebut-sebut telah menyita hampir US$ 9,5 miliar aset milik bank sentral Afghanistan sejak kelompok itu berkuasa pada Agustus lalu.

Taliban mengharapkan agar AS berkenan untuk segera membuka akses dana itu. Bila tidak, Afghanistan akan jatuh ke dalam krisis kemanusiaan. 

"Saya meminta ... agar pintu untuk hubungan di masa depan dibuka, aset Bank Sentral Afghanistan dicairkan dan sanksi terhadap bank kami dicabut," katanya, dikutip AFP, Kamis (18/11/2021).

"Jika situasi saat ini berlaku, pemerintah dan rakyat Afghanistan akan menghadapi masalah dan akan menjadi penyebab migrasi massal di kawasan dan dunia yang akibatnya akan menciptakan masalah kemanusiaan dan ekonomi lebih lanjut."

Ia menambahkan, kekhawatiran dunia terhadap penguasaan kelompok itu tidak perlu terjadi.

Taliban meyakinkan masyarakat internasional bahwa mereka berniat untuk melakukan hal-hal yang berbeda kali ini, termasuk dalam pelibatan dan penegakan hak-hak perempuan.

"Langkah-langkah praktis telah diambil menuju pemerintahan yang baik, keamanan dan transparansi," tulis Muttaqi.

"Tidak ada ancaman yang diajukan ke kawasan atau dunia dari Afghanistan dan jalan telah dibuka untuk kerja sama yang positif."

Sebelumnya, dilansir Cnbcindonesia, dana Moneter Internasional (IMF) memberikan sinyal bahwa PDB Afghanistan bisa terkontraksi hingga 30%.

Lembaga itu menyebutkan bahwa ini merupakan dampak pembekuan aliran bantuan dan dana ke negara itu yang ditetapkan oleh Negara-negara Barat.

Baca Juga: Lampaui AS, China Kini Negara Terkaya di Dunia

"Kejutan ini dapat menyebabkan kontraksi produksi 20-30% , dengan penurunan impor, depresiasi, dan percepatan inflasi," kata laporan itu dikutip CNBC International.

Selain IMF, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres menyatakan bahwa saat ini 18 juta orang di negara Asia Tengah itu sedang terancam oleh kelaparan hebat. Pasalnya saat ini bank mulai kehabisan uang, pegawai negeri belum dibayar, dan harga pangan melonjak drastis. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga