Sepekan Diguyur Hujan, Akses Jalan Menuju Satu Desa di Kolut Tertutup Longsor

Muh. Risal H, telisik indonesia
Senin, 02 Agustus 2021
0 dilihat
Sepekan Diguyur Hujan, Akses Jalan Menuju Satu Desa di Kolut Tertutup Longsor
Perbaikan akses jalan di salah satu desa di Kolut yang tertutup material longsor. Foto: Muh. Risal/Telisik

" Desa Bukit Baru, Kecamatan Batu Putih, Kabupaten Kolaka Utara, tertutup material longsor dan hanya bisa dilalui kendaraan roda dua. "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Desa Bukit Baru, Kecamatan Batu Putih, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), tertutup material longsor dan hanya bisa dilalui kendaraan roda dua.

Hal tersebut terjadi usai Kabupaten Kolut hampir sepekan guyur hujan dengan intensitas sedang dan tinggi.

Kepala Desa Bukit Baru, Mustamin Rapi mengungkapkan, hujan deras yang melanda desanya sepekan terakhir ini menyebabkan terjadinya banjir deras dan tanah longsor, yang menutup akses jalan utama menuju ibu kota Kecamatan Batu Putih.

"Jalan yang tertutup saat ini adalah jalan utama yang menghubungkan Desa Bukit Tinggi dan sekitarnya, sehingga mobil tak bisa lagi melewati jalan utama kecuali sepeda motor," terang Mustamin, Senin (2/8/2021).

Itupun, kata dia, pengendara harus melintas dengan hati-hati karena tidak menuntut kemungkinan terjadi  longsor susulan saat melintas.

"Awalnya akses jalan sama sekali tidak bisa dilalui, tapi setelah dilakukan gotong royong bersama masyarakat dan Bhabinkamtibmas dengan peralatan seadanya, akhirnya akses jalan saat ini sudah bisa dilalui kendaraan roda dua," jelasnya.

Baca juga: Bupati Konawe Berikan Hadiah Tanah, Rumah dan Lima Ekor Sapi untuk Apriani Rahayu

Baca juga: DPRD Muna Salut Komitmen Kajari Bantu Lakukan Pemulihan Ekonomi Nasional

Menurutnya, longsor sudah sering terjadi di Desa Bukit Baru hanya baru kali ini kondisinya parah. Longsor terjadi di dua titik yakni, satu titik Dusun II dan satunya lagi di Dusun I.

"Selain longsor, juga terdapat tiang listrik milik Perusahaan Listrik Negara (PLN) yang ikut miring ke badan jalan," tukasnya.

Mustamin berharap, agar Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kolut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) secepatnya membantu menurunkan alat berat, untuk mengeruk longsoran material yang menutupi badan jalan.

"Kami khawatir akses jalan akan lebih parah jika dibiarkan terus menerus, terlebih lagi intensitas curah hujan bulan ini yang cukup tinggi," bebernya.

Selain dua instansi tersebut, Pemdes Bukit Baru juga meminta pihak PLN turun ke lokasi melihat dan memperbaiki tiang listrik yang sudah miring dan hampir roboh.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Kolut, Mukramin, SE berjanji akan menurunkan alat berat di lokasi bencana dalam waktu dekat ini.

"Insyaallah dalam waktu dekat, setelah alat berat yang digunakan untuk pembongkaran akar pohon kayu dalam rangka pembenahan trotoard selesai, kami langsung support," pungkasnya. (B)

Reporter: Muh. Risal

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga