Dirjen AHU Tekankan Profesionalitas Notaris Saat Melantik MPWN 2024-2027

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Kamis, 19 September 2024
0 dilihat
Dirjen AHU Tekankan Profesionalitas Notaris Saat Melantik MPWN 2024-2027
Pelantikan Majelis Pengawas Wilayah Notaris (MPWN) Periode 2024-2027 serta Pengganti Antar Waktu Majelis Kehormatan Notaris Wilayah Periode 2022-2025. Foto: Ist

" Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) melalui Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (Dirjen AHU) melantik Majelis Pengawas Wilayah Notaris (MPWN) Periode 2024-2027 serta Pengganti Antar Waktu Majelis Kehormatan Notaris Wilayah Periode 2022-2025 "

DENPASAR, TELISIK.ID – Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) melalui Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (Dirjen AHU) melantik Majelis Pengawas Wilayah Notaris (MPWN) Periode 2024-2027 serta Pengganti Antar Waktu Majelis Kehormatan Notaris Wilayah Periode 2022-2025.

Acara pelantikan berlangsung di Ballroom Discovery Kartika Plaza Hotel, Bali, dan dihadiri oleh sekitar 295 peserta, Rabu (18/9/2024).

Dirjen AHU, Cahyo R Muzhar, menekankan pentingnya profesionalitas dan ketelitian notaris dalam menjalankan tugas.

Ia menegaskan bahwa notaris, sebagai pejabat publik yang berwenang menyusun akta otentik, memiliki peran strategis dalam mendukung kegiatan masyarakat dan perekonomian.\

Baca Juga: Ketua TP PKK Buton Selatan Ikuti Program Kreativitas Motif Sasaringan Kain Khas Banjarmasin

“Notaris adalah garda terdepan yang langsung berinteraksi dengan masyarakat dalam urusan hukum. Dalam menjalankan tugasnya, notaris diharapkan teliti, terutama dalam melakukan due diligence agar masyarakat yang menggunakan jasanya, serta notaris itu sendiri, merasa aman,” ujar Cahyo.

Cahyo juga menjelaskan bahwa notaris memiliki tanggung jawab besar karena kewenangannya diperoleh dari negara. Hal ini menjadikan notaris bukan hanya sebagai pendukung administrasi pemerintahan, tetapi juga sebagai pilar penting dalam menjaga stabilitas hukum dan ekonomi Indonesia.

“Notaris yang tidak profesional berpotensi menimbulkan masalah hukum serius. Akta otentik yang tidak sah atau tidak sesuai prosedur bisa memicu sengketa hukum di masa depan,” tambahnya.

Ia juga menyoroti peran MPWN dan Majelis Kehormatan Notaris dalam memastikan bahwa notaris mematuhi standar profesionalisme, etika, dan hukum.

Baca Juga: Ratusan Warga Desa Alipato Kolaka Utara Sambut Kedatangan Balon Bupati H Anton

“Pengawasan dari MPWN dan Majelis Kehormatan Notaris sangat penting untuk menjaga integritas dan kepatuhan hukum para notaris,” jelasnya.

Cahyo berharap agar anggota majelis yang baru dilantik dapat menjalankan amanah dengan penuh tanggung jawab, menjaga integritas, dan terus meningkatkan pengetahuan terkait perkembangan peraturan yang berlaku.

Acara ini dihadiri oleh berbagai pejabat penting, termasuk Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulawesi Tenggara, Silvester Sili Laba, serta Kepala Divisi Administrasi dan Pelayanan Hukum dan HAM.

Pelantikan ini menjadi momentum penting untuk memperkuat pengawasan terhadap notaris dan memastikan mereka bekerja secara profesional demi menjaga kepastian hukum di Indonesia. (Adv/C)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga