Muna Barat jadi Daerah Praktik Terbaik Pengendalian Inflasi di Sulawesi Tenggara

Putri Wulandari, telisik indonesia
Jumat, 11 Agustus 2023
0 dilihat
Muna Barat jadi Daerah Praktik Terbaik Pengendalian Inflasi di Sulawesi Tenggara
Seluruh kepala daerah Sulawesi Tenggara yang telah lakukan kerjasama antar daerah dalam pengendalian inflasi. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Terus tekan angka laju inflasi sesuai enam Instruksi Presiden (Inpres) RI, Pemda Muna Barat diapresiasi oleh Kemendagri RI "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Terus tekan angka laju inflasi sesuai enam Instruksi Presiden (Inpres) RI, Pemda Muna Barat diapresiasi oleh Kemendagri RI.

Diketahui, dalam pengendalian inflasi ada enam Inpres yaitu, melakukan sidak pasar, operasi pasar, kerjasama antar daerah, gerakan tanam cepat panen, penggunaan BTT dan subsidi transportasi.

Kemendagri, Tito Karnavian melalui Plt Sekretaris Dirjen Kemendagri, Ahmad Husein Tambunan mengatakan, perlunya pemerintah daerah dalam mengoptimalkan secara efektif dalam menekan laju inflasi dengan didukung oleh anggaran.

Untuk itu, perlunya tiap daerah menganggarkan dana secara menyeluruh untuk melakukan beberapa langkah secara efektif dalam pengendalian inflasi.

Baca Juga: Tenunan Muna Barat Dipromosikan Lewat Fashion Show Kepala Desa dan OPD

Salah satu daerah di Sulawesi Tenggara yang telah melakukan praktik terbaik dalam menganggarkan anggaran secara menyeluruh guna pengendalian inflasi, ialah Kabupaten Muna Barat.

Penilaian itu dilihat dari gebrakan dan terobosan yang dilakukan Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat, yakni dengan melaksanakan enam Inpres, baik dalam menggunakan dana BTT, maupun memberikan subsidi transportasi kepada masyarakat.

"Ini tiap hari kami verifikasi dan melaporkan bahwa Pj Bupati Muna Barat telah melakukan praktik terbaik pengendalian inflasi," ungkapnya, Jumat (11/8/2023).

Kemendagri juga meminta seluruh pemerintah daerah untuk mengawal anggaran dari tahap perencanaan hingga akhir, yakinkan tidak ada permainan atau niat jahat dari seluruh perangkat yang menangani inflasi tidak ada politik kepentingan.

"Seluruh pemerintah daerah juga mampu mengolah sektor pertanian," tutupnya.

Sementara itu, Muna Barat telah melaksanakan seluruh Inpres terkait pengendalian inflasi, sehingga Pemda Muna Barat mendapatkan apresiasi dari Kemendagri.

Baca Juga: Sekolah Kejuruan Segera Dibangun di Pulau Tiga Muna Barat

"Muna Barat telah lakukan enam langkah pengendalian inflasi ini," ungkap Pj Bupati Muna Barat, Bahri

Terlebih, Muna Barat sebagai kabupaten yang paling banyak lakukan kerjasama antar daerah untuk menekan laju inflasi, bukan hanya antar lingkup daerah Sulawesi Tenggara, melainkan ke luar Sulawesi Tenggara.

Kerjasama dalam rangka penanganan inflasi itu dilakukan dengan Kabupaten Sidenreng Rappang dan Enrekang, Sulawesi Selatan dan yang terjauh di Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat.

"Kerjasama kita bahkan sampai Bima, dan hanya Muna Barat yang lakukan kerjasama hingga ke NTB," pungkasnya. (B-Adv)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga