Musim Panen Kedua, Konawe Surplus Beras Lagi

Muhamad Surya Putra, telisik indonesia
Rabu, 04 November 2020
0 dilihat
Musim Panen Kedua, Konawe Surplus Beras Lagi
Kadis Pertanian Konawe, Ir. Syahrudin. Foto: Muh. Surya Putra/Telisik

" Meski sudah memasuki musim hujan, hampir semua penggilingan di Konawe sudah menggunakan pengering (dryer). 20 penggilingan sudah pakai dryer. "

KONAWE, TELISIK.ID - Konawe memasuki musim panen kedua. Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, mengklaim akan kembali surplus gabah pada musim panen kali ini.

Pada musim kedua di tahun 2020 ini, hasil panen para petani mencapai 210 ribu ton. Dengan arel luas lahan persawahan mencapai 35 ribu hektar telah dan yang akan dipanen.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Konawe, Ir. Syahrudin mengatakan, sepanjang tahun di Konawe selalu surplus gabah atau beras di setiap musim. Selain luas areal persawahan yang sangat memadai, hal ini juga disebabkan karena mayoritas penggilingan sudah menggunakan pengering gabah (dryer).

"Meski sudah memasuki musim hujan, hampir semua penggilingan di Konawe sudah menggunakan pengering (dryer). 20 penggilingan sudah pakai dryer," ungkapnya, Rabu (04/11/2020).

Baca juga: Seruan Doktor Azhari Pulang Kampung Terus Bergema

Katanya, bahkan Bulog tak mampu membeli semua hasil panen petani, kemampuannya hanya 25 persen dari hasil panen di setiap musim.

"Bulog kita angkat tangan, ini saking banyaknya hasil panen petani kita," tambahnya.

Terakhir ia menyebut, untuk menunjang sektor pertanian, maka tahun ini ada bantuan alat pertanian (Alsintan) dari dana aspirasi anggota DPR-RI. Pihaknya mengungkapkan, bantuan dari Kementerian, belum ada untuk tahun ini.

"Kemarin itu ada bantuan dari dana aspirasi, ada traktor roda empat, traktor roda dua, alat panen, pompa air, kultivator, dan combain," tutupnya. (B)

Reporter: Muh. Surya Putra

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga