Namanya Disebut-sebut Bakal Jadi Menteri Kabinet, Berikut Profil Abdul Mu'ti

Musdar, telisik indonesia
Minggu, 18 April 2021
0 dilihat
Namanya Disebut-sebut Bakal Jadi Menteri Kabinet, Berikut Profil Abdul Mu'ti
Prof Abdul Mu'ti. Foto: Repro gesuri.id

" Menteri itu hak prerogatif Pak Presiden, saya tidak mau berandai-andai "

JAKARTA, TELISIK.ID - Nama Sekretaris Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Prof Abdul Mu'ti, kembali disorot di tengah isu reshuffle kabinet.

Abdul Mu'ti digadang bakal menempati posisi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, yang akan dileburkan dengan Kemenristek menggantikan Nadiem Makarim pada sesi reshuffle jilid II yang akan dilakukan Presiden RI Joko Widodo.

Di awal Kabinet Jokowi pada 2020 lalu, nama Abdul Mu'ti sempat digadang-gadang masuk ke dalam jajaran Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju. Saat itu, Abdul Muti dikabarkan mendapat amanah presiden menjadi wakil menteri pendidikan dan kebudayaan. Namun beliau menolak lantaran kapasitasnya dirasa belum cukup mengemban amanah tersebut.

Isu Reshuffle kabinet oleh Presiden Jokowi dalam waktu dekat mengemuka seiring peleburan Kemendikbudristek. Hal ini merujuk pada hasil Rapat Paripurna DPR RI ke-16 pada 9 April 2021 lalu.

Pemerintah sepakat meleburkan dua kementerian, yaitu Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menjadi Kemendikbudristek.

Dan kini Abdul Mu'ti kembali diisukan layak untuk menempati posisi di kementerian baru tersebut. M Qodari, Direktur Eksekutif Indo Barometer, menilai jika Sekum PP Muhammadiyah tersebut layak dipertimbangkan masuk dalam jajaran kandidat Mendikbudristek.

Untuk mengetahui lebih jauh, berikut profil Abdul Mu'ti dikutip dari Suara.com jaringan Telisik.id:

Profil Abdul Mu'ti

Abdul Muti lahir di Kudus pada tanggal 2 September 1968. Pendidikan dasarnya ditamatkan di Kudus pada tahun 1986. Ia meraih gelar sarjana dari Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang pada tahun 1991. Kemudian ia mengenyam dan menyelesaikan pendidikan S2 di Flinders University, South Australia pada tahun 1996. Dan Abdul Mu'ti melanjutkan pendidikan doktoralnya di UIN Syarif Hidayatullah.

Prof. Dr. Abdul Mu'ti, M.Ed. juga dikukuhkan sebagai Guru Besar Bidang Pendidikan Agama Islam di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Pengukuhan guru besar ke-1.050 tersebut dilaksanakan pada 2 September 2020.

Keanggotaan di Muhammadiyah

Pria 52 tahun tersebut tercatat sebagai anggota Muhammadiyah sejak tahun 1994 dengan nomor anggota 750178. Dalam organisasi yang dirintis oleh Ahmad Dahlan tersebut, Abdul Mu'ti pernah menjabat sebagai Sekretaris PWM Jawa Tengah periode 2000-2002. Kemudian pada periode 2002-2006 menjabat sebagai Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah dan merangkap menjadi Sekretaris Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah 2005-2010.

Baca Juga: Lecehkan Islam, Polisi Didesak Tangkap Jozeph Paul Zhang

Kiprah Nasional dan Internasional

Abdul Mu'ti pernah menjadi bagian dari anggota Dewan Indonesia dan Amerika Serikat pada Agama dan Pluralisme, dan masyarakat eksekutif Konferensi Asia Agama untuk Perdamaian.

Tokoh pemikir Muhammadiyah yang moderat dan toleran ini juga merupakan seorang wakil sekretaris Agama Kontra Terorisme dan sekretaris Dewan Nasional Intelektual Muslim Indonesia. Bahkan nama Abdul Mu'ti diumumkan masuk ke dalam 200 daftar mubalig "Mubalig Indonesia" yang direkomendasikan Kementerian Agama pada Jumat 18 Mei 2018 lalu.

Abdul Mu'ti juga menorehkan prestasi di kancah internasional sebagai salah satu Advisor di British Council London sejak 2006. Selain aktif menempati posisi strategis di PP Muhammadiyah, Abdul Mu'ti juga aktif menulis buku dan berbagai macam opini di media.

Merujuk isu reshuffle kabinet yang tengah hangat diberitakan, menurut pengakuan Abdul Mu'ti, meski dinilai merupakan sosok tepat untuk menggerakkan perbaikan pendidikan di Indonesia, beliau tak ingin berandai-andai. Sebab penunjukkan posisi menteri merupakan hak prerogatif presiden.

"Menteri itu hak prerogatif Pak Presiden, saya tidak mau berandai-andai," imbuhnya.

Itulah profil Abdul Muti yang masuk dalam bursa calon menteri baru Kabinet Indonesia Maju dalam isu reshuffle kabinet. (C)

Reporter: Musdar

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga