NasDem, PKB dan PDIP Kuasai DPRD Kolaka Utara

Muh. Risal H, telisik indonesia
Rabu, 06 Maret 2024
0 dilihat
NasDem, PKB dan PDIP Kuasai DPRD Kolaka Utara
Suasana rapat pleno rekapitulasi perhitungan perolehan suara yang digelar KPU Kabupaten Kolaka Utara. Foto: Muh. Risal H/Telisik

" Partai NasDem, PKB, dan PDIP menguasai perolehan kursi DPRD Kolaka Utara pada Pemilihan Calon Anggota Legislatif (Pilcaleg) tahun 2024 "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Partai NasDem, PKB, dan PDIP menguasai perolehan kursi DPRD Kolaka Utara pada Pemilihan Calon Anggota Legislatif (Pilcaleg) tahun 2024.

Hasil pleno rekapitulasi perhitungan perolehan suara partai politik dan calon anggota DPRD Kolaka Utara oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kolaka Utara telah menetapkan PKB-NasDem-PDIP sebagai partai dengan perolehan suara terbanyak.

Hal itu tertuang dalam Keputusan KPU Kolaka Utara Nomor 21 tahun 2024 yang disampaikan Ketua KPU Kolaka Utara, Nurgalia dalam rapat pleno, Minggu (3/4/2024) di salah satu hotel di Kota Lasusua.

Atas dasar itu, diketahui Partai NasDem mendominasi alokasi kursi parlemen sebanyak 6 dengan akumulasi suara partai dan calon sebanyak 16.022. PKB 5 kursi total suara 18.896. Sementara PDIP bertengger di urutan ke tiga 4 kursi dengan akumulasi suara 13.635.

Dominasi peroleh kursi Partai NasDem di DPRD Kolaka Utara, diaminkan Ketua DPC NasDem, Zakaria Bakrie.

"Alhamdulillah setelah penetapan (KPU Kabupaten Kolaka Utara, Red) kami memperoleh kursi terbanyak di DPRD Kolaka Utara. Ini sesuai target yang kita canangkan yakni 6 kursi," terangnya, Rabu (6/3/2024).

Perolehan kursi NasDem di DPRD Kolaka Utara kali ini sangat signifikan. Pasalnya  pada Pemilu 2019 partai besutan Surya Paloh ini hanya mampu meraih 331 suara yang tersebar di tiga dapil.

"Capaian ini tentu tidak lepas dari kerja-kerja kolektif dan terstruktur sesuai dengan tagline NasDem bersatu, berjuang, menang. Karena itu, kita mampu merealisasikan apa yang diinginkan pimpinan baik provinsi maupun pusat," ujarnya.

Baca Juga: Golkar Pimpin Suara Terbanyak di Buton

Mantan Kadis Perikanan dan Bakesbangpol Kolaka Utara ini juga berterima kasih kepada masyarakat Kolaka Utara yang telah memberikan kepercayaan kepada kader NasDem sehingga setiap dapil memiliki perwakilan legislatif.

"NasDem berterima kasih kepada masyarakat Kolaka Utara," ucapnya.

Sementara itu, PKB Kolaka Utara meski meraih suara terbanyak pada Pemilu kali ini, partai yang identik dengan warga Nahdlatul Ulama (NU) ini hanya mampu meraih 5 kursi.

Menurut Liaison Officer (LO) Partai PKB Kolaka Utara, Fidal, akumulasi perolehan suara partai dan calon anggota legislatif PKB secara keseluruhan unggul dari partai lain. Hanya saja, pembagian kursi di setiap dapil kalah.  

"Dapil 1 dan 2 perolehan suara PKB lumayan besar tapi untuk mendapatkan dua kursi itu tidak bisa di pembagian tiganya," jelas Fidal.

Meski demikian, pengurus DPC PKB Kolaka Utara bersyukur dikarenakan target perolehan kursi parlemen mereka tetap tercapai.

Lain halnya partai pertama dan kedua, Partai PDIP Kolaka Utara justru tidak mampu mencapai target maksimal yakni 7 kursi. Meski begitu, raihan 4 kursi dengan perolehan suara 13.365 jauh lebih baik dibanding capaian pada Pemilu 2019 lalu yang hanya meraih 3 kursi dan akumulasi suara keseluruhan hanya 6.465.

"Alhamdulillah Pemilu 2024 jauh lebih baik. Kalau 2019 hanya 3 kursi kali ini kami dapat 4 kursi," jawab Sekertaris DPC PDIP Kolaka Utara, Nasir Banna.

Berikut 6 calon anggota legislatif Kolaka Utara dari partai NasDem, PKB, dan PDIP.

1. Fitra Yudi (2.950 suara) Dapil I

2. Nurul Warda (2.132 suara) Dapil I

3. Muh Zafaat Nur (1.844 suara) Dapil I

4. Agusalim (2.017 suara) Dapil II

5. Busra Damang (2.261 suara) Dapil III

6. Hardianti (1.765 suara) Dapil III

Baca Juga: Ini Partai Peraih Suara Terbanyak di Baubau

5 calon anggota legislatif dari PKB

1. Ulfa Haeruddin (2.829 suara) Dapil I

2. Hj. Sukmawati (1.922 suara) Dapil II

3. Timber (2.633 suara) Dapil III

4. Samsir (2.623 suara) Dapil III

5. Muhammad Syair (2.252 suara) Dapil III

4 calon anggota legislatif dari PDIP

1. Nasir Banna (1.619 suara) Dapil I

2. Agusdin (1.928 suara) Dapil II

3. Ansar Ahosa (1.321 suara) Dapil II

4. Suparman (1.088 suara) Dapil III.

(A)

Penulis: Muh. Risal H

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga