Pemkab Kolaka Timur Ajak Seluruh Masyarakat Aktualisasi Nilai Pancasila

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Kamis, 01 Juni 2023
0 dilihat
Pemkab Kolaka Timur Ajak Seluruh Masyarakat Aktualisasi Nilai Pancasila
Pemkab Kolaka Timur gelar upacara bendera peringati hari lahir Pancasila, 1 Juni 2023. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

" Dalam memperingati hari lahir Pancasila, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Timur, gelar upacara bendera dan mengajak seluruh masyarakat untuk dapat mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID - Dalam memperingati hari lahir Pancasila, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Timur, gelar upacara bendera dan mengajak seluruh masyarakat untuk dapat mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila.

Plt Bupati Kolaka Timur, Abdul Azis menyampaikan, hari lahir Pancasila yang diperingati setiap 1 Juni, memiliki makna tersendiri bagi rakyat dan bangsa Indonesia.

"Tidak hanya menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar negara ataupun tujuan berbangsa, namun turut menjadikan Pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan sehari- hari," jelasnya.

Azis mengatakan, Pancasila harus dapat dipraktikkan dan diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga nilai-nilai Pancasila akan tertanam di dalam hati bangsa Indonesia.

Baca Juga: Pemkab Kolaka Timur Peringati Hari Kebangkitan Nasional

"Berkat Pancasila dengan nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong, keberagaman yang ada menjadi berkah yang dirajut dalam identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika," tambahnya.

Azis menjelaskan, perkembangan situasi global yang ditandai kemajuan teknologi komunikasi yang begitu pesat menjadi tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia. Nilai-nilai Pancasila diharapkan dapat menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan.

Lanjut Azis, melalui rasa cinta terhadap bangsa sendiri,  akan mengerti betapa pentingnya menegakkan dan mengamalkan Pancasila dalam berbagai sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

"Pancasila tidak dapat digantikan dengan apa pun juga baik pada masa dulu, sekarang, dan masa yang akan datang," pungkasnya.

Ia mengajak melalui peringatan hari lahir Pancasila, 1 Juni 2023 ini dapat lebih meningkatkan kinerja, membuat prestasi, membuat terobosan, dan menumbuhkan pembaharuan di tahun 2023 dan di tahun- tahun yang akan datang.

Turut hadir dalam kegiatan Kapolres Kolaka Timur, AKBP Yudhi Palmi DJ, Ketua DPRD Kolaka Timur, Suhaemi Nasir, Sekda Kolaka Timur Andi Muh lqbal Tongasa dan yang mewakili Dandim 1412 Kolaka serta seluruh OPD Kabupaten Kolaka Timur.

Melansir dari kemendikbud.go.id menjelang Kemerdekaan Indonesia diproklamirkan, tepatnya pada tanggal 29 Mei hingga 1 Juni  

1945, para pendiri bangsa dalam Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia  (BPUPKI) menyepakati bahwa Pancasila merupakan ideologi negara Indonesia.

Baca Juga: Pemkab Kolaka Timur Terus Genjot Penurunan Angka Stunting

Dalam  menyusun ideologi negara bangsa yang majemuk, Pancasila digali dari nilai luhur budaya bangsa di nusantara dan memiliki makna yang dinamis dan universal.

Sebagai sebuah  ideologi, Pancasila juga merupakan sebuah prinsip dalam menyelenggarakan pemerintahan Indonesia di segala zaman.

Pancasila, hingga saat ini, tetap relevan di tengah dinamika. Prinsip-prinsip Pancasila perlu kita jaga dalam seluruh aktivitas negara. Di tengah padatnya kegiatan dalam melaksanakan  tugas, mari kita sejenak berefleksi dan memahami filosofi yang menjadi nyawa negara Indonesia.  (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga