Nelayan di Muna Barat Alami Luka Serius Akibat Tergilas Mesin Roda Gila

Putri Wulandari, telisik indonesia
Kamis, 04 April 2024
0 dilihat
Nelayan di Muna Barat Alami Luka Serius Akibat Tergilas Mesin Roda Gila
Kunjungan Pj Bupati Muna Barat untuk melihat kondisi Sanudi yang mengalami kecelakaan kerja, Rabu (3/4/2024). Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Seorang nelayan asal Desa Santigi, Kecamatan Tiworo Utara, Kabupaten Muna Barat, mengalami kecelakaan saat sedang memukat ikan di laut "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Seorang nelayan asal Desa Santigi, Kecamatan Tiworo Utara, Kabupaten Muna Barat, mengalami kecelakaan saat sedang memukat ikan di laut.

Kejadian nahas itu dialami oleh Sanudi (41) saat memukat ikan bersama temannya dengan menggunakan sebuah perahu.

Kejadian itu berawal ketika Sanudi hendak ke area belakang perahu atau jonson, saat itu ia melangkahi mesin tetapi baju Sanudi tergulung oleh mesin sehingga badannya terikut mengenai mesin roda gila.

Atas kejadian itu, Sanudi mengalami luka parah pada tangan kiri dan area wajahnya, sehingga harus dilarikan ke RSUD Muna Barat dan dilakukan operasi pada area wajah dan tangan kanan, tepatnya Senin (1/4/2024).

Menurut dokter ahli bedah, dr Juan, setelah dioperasi, Sanudi masih berada di ruang ICU karena mengalami luka yang sangat serius.

Baca Juga: Daya Serap Anggaran Rendah, DPRD Muna Minta Pertanggungjawaban TAPD

"Walaupun setelah membaik, pasien tetap harus dirujuk ke Kendari untuk melatih mandibula akibat rahang kanan patah, atau melakukan operasi plastik," ujarnya saat ditemui di RSUD Muna Barat.

Ia menjelaskan, selain mengalami patah rahang sebelah kanan, hingga rekontruksi bibir hilang serta tangan kanan sudah tidak berfungsi dan harus diamputasi.

Untuk itu, Pj Bupati Muna Barat, Sekda Muna Muna Barat bersama rombongannya melakukan kunjungan untuk melihat kondisi Sanudi.

Baca Juga: Ratusan Porsenil Dikerahkan untuk Pengamanan Mudik Lebaran di Baubau

Pemerintah Muna Barat melalui BPJS Ketenagakerjaan akan menjamin biaya pengobatan Sanudi hingga sembuh total, terlebih pihak RSUD juga telah bekerja sama dengan bedah plastik.

"Segera diurus, karena Sanudi masuk pekerja rentan, maka dijaminkan BPJS ketenagakerjaan," pungkas Pj Bupati Muna Barat, La Ode Butolo, Kamis (4/4/2024).

Untuk diketahui, mandibula merupakan bagian tulang kepala yang membentuk sepertiga wajah bagian bawah dan tempat perlekatan otot-otot lidah dan otot-otot pengunyahan. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga