Daya Serap Anggaran Rendah, DPRD Muna Minta Pertanggungjawaban TAPD

Sunaryo, telisik indonesia
Rabu, 03 April 2024
0 dilihat
Daya Serap Anggaran Rendah, DPRD Muna Minta Pertanggungjawaban TAPD
Anggota Banggar DPRD Muna, Awal Jaya Bolombo dan Ketua TAPD, Eddy Uga. Foto: Ist.

" Daya serap anggaran Pemerintah Daerah (Pemda) Muna sangat rendah. Hingga April ini, belum ada satupun ada kegiatan yang dilelang "

MUNA, TELISIK.ID - Daya serap anggaran Pemerintah Daerah (Pemda) Muna sangat rendah. Hingga April ini, belum ada satupun ada kegiatan yang dilelang.

DPRD Muna pun tidak tinggal diam melihat kondisi itu. Awal Jaya Bolombo, anggota Badan Anggaran  (Banggar) DPRD Muna memintai pertanggungjawaban tim anggaran pemerintah daerah (TAPD). Pasalnya, rendahnya penyerapan APBD, baru terjadi tahun ini.

Pria yang kerab disapa AJB itu mengatakan, serapan anggaran yang rendah berimbas pada pertumbuhan perekonomian dan daya beli masyarakat. Hal ini, sudah terlihat jelas, perputaran uang di masyarakat sangat minim.

Baca Juga: Plt Bupati Muna Ingatkan Pemudik Jaga Keselamatan, Polisi Beri Pelayanan Prima

Takutnya juga, rendahnya daya serap itu akan mempengaruhi Dana Alokasi Khusus (DAK) setiap organisasi perangkat daerah (OPD), karena sudah jelas tahun berikutnya anggaran tersebut pasti berkurang.

"Kami akan pertanyakan di TAPD, apa yang menjadi kendalanya," kata AJB, Rabu (3/4/2024).

Baca Juga: Abdul Muslim, Balon Bupati Muna Pertama Ambil Formulir di Demokrat

Sementara itu, Ketua TAPD Muna, Eddy Uga yang dikonfirmasi belum memberikan keterangan lebih rinci terkait rendahnya daya serap anggaran itu. Ia mengaku akan menjelaskan saat rapat dengar pendapat (RDP) bersama DPRD.

"Nanti di RDP baru dijelaskan," singkat Sekda Muna itu. (B)

Penulis: Sunaryo

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga