Nikmat Kurban Menyapa Warga Terdampak Kekeringan

Affan Safani Adham, telisik indonesia
Kamis, 30 Juli 2020
0 dilihat
Nikmat Kurban Menyapa Warga Terdampak Kekeringan
Hewan kurban. Foto: Ist.

" Di sini hanya beberapa orang yang menyembelih hewan kurban. Makanya kami sangat bersyukur bila ada orang mengirimkan hewan kurbannya karena warga bisa menikmati hidangan daging. "

YOGYAKARTA, TELISIK.ID - Sumur-sumur warga di beberapa kecamatan di Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), sudah lama mengering. Begitu pula dengan sungai-sungai yang tak jauh dari perbatasan Kabupaten Gunungkidul dan Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

Selama kekeringan, warga hanya bergantung pada bantuan air yang datang. Warga Gunungkidul yang sebagian besar berprofesi sebagai petani pun mengalami kegagalan panen.

Hamparan sawah tak mendapatkan pasokan air, dedaunan pohon jati juga mengering. Berbagi air ke sesama makhluk hidup pun menjadi keharusan. Tak sedikit warga yang hanya mengandalkan bantuan air atau membeli dari truk tangki swasta untuk keperluan minum, mandi, bahkan mencuci.

Kemarau kali ini memang menjadi salah satu musim kering yang paling parah dampaknya.

Baca juga: Banjir Landa Pulau Taliabu, Lebih Seribu Rumah Teredam

Salah satu warga Grogol, Gunungkidul, Winarno mengungkapkan, kekeringan di tempatnya tinggal berdampak pada kondisi sosial ekonomi masyarakat yang menurun. Paceklik yang juga bertepatan dengan Idul Adha membuat sedikit warga yang mampu menunaikan ibadah setahun sekali itu.

"Di sini hanya beberapa orang yang menyembelih hewan kurban. Makanya kami sangat bersyukur bila ada orang mengirimkan hewan kurbannya karena warga bisa menikmati hidangan daging," ungkap Winarno, Kamis (30/7/2020).

Ia juga menambahkan, selain puluhan hewan kurban yang disembelih di desanya, distribusi hewan kurban juga dibagi-bagikan ke desa sebelahnya seperti desa Pampang, Karangasem, Sodo serta Giring.

Lebih luas lagi, hewan kurban yang disembelih di Kecamatan Paliyan juga didistribusikan di Kecamatan Saptosari, Panggang, Tepus dan juga Tanjungsari.

Pada Idul Adha tahun 2020, banyak wilayah terdampak bencana seperti kekeringan, masyarakat prasejahtera serta masyarakat terdampak COVID-19. Setiap bencana pastilah membawa dampak buruk bagi warga terdampak.

Reporter: Affan Safani Adham

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga