Pemerintah Konawe Selatan Geliatkan UMKM dalam Upaya Menekan Tingkat Kemiskinan

Febry Jahra Lestiani, telisik indonesia
Selasa, 19 Desember 2023
0 dilihat
Pemerintah Konawe Selatan Geliatkan UMKM dalam Upaya Menekan Tingkat Kemiskinan
Pemkab Konawe Selatan mengambil langkah progresif dalam memerangi kemiskinan dengan menggencarkan upaya pengembangan UMKM. Foto: Prokompim Konawe Selatan

" Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan mengambil langkah progresif dalam memerangi kemiskinan dengan menggencarkan upaya pengembangan UMKM "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan mengambil langkah progresif dalam memerangi kemiskinan dengan menggencarkan upaya pengembangan UMKM.

Langkah ini merupakan bagian dari strategi pemberdayaan ekonomi lokal untuk mengurangi tingkat kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Melalui program ini, pemerintah memberikan dukungan berbagai bentuk dukungan, termasuk pelatihan keterampilan, pendampingan bisnis, dan akses pembiayaan yang terjangkau bagi pelaku UMKM.

Tujuan utama dari inisiatif ini adalah meningkatkan daya saing UMKM, membuka peluang kerja, serta menciptakan lingkungan ekonomi yang inklusif.

Pemkab Konawe Selatan terus mendorong peningkatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Foto: Prokompim Konawe Selatan

 

Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) terus mendorong peningkatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bagi para pelaku usaha di Konsel. Salah satu dukungan yang dilakukan Pemkab Konsel yakni, memberikan bantuan modal usaha, serta sarana dan prasarana tempat usaha.

Baca Juga: Tekan Inflasi, Pj Gubernur dan Bupati Konawe Selatan Panen Raya

Bupati Konawe Selatan, Surunuddin menjelaskan, dengan adanya inovasi dan terobosan yang dilakukan kelompok pemuda dan masyarakat di Kelurahan Punggaluku ini, ia berharap menjadi langkah tepat dalam memajukan UMKM di Konsel.

Bupati Konawe Selatan, Surunuddin Dangga, berharap semoga terobosan ini menjadi percontohan bagi daerah lain. Foto: Prokompim Konawe Selatan

 

Sebenarnya sejak 2016 Pemkab Konsel sudah menyiapkan sarana pendukung bagi pelaku UMKM di beberapa wilayah strategi untuk dikembangkan, namun tidak konsisten dikelola," ujarnya.

Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) merupakan salah satu praktik usaha populer di kalangan masyarakat. Foto: Repro Katadata

 

Ia berharap semoga terobosan ini dapat menjadi percontohan bagi kecamatan lainnya. Ia juga mengucapkan selamat dan terima kasih kepada ketua panitia yang telah berinisiatif membantu para UMKM. Inilah yang diharapkan pemerintah untuk mengatasi kemiskinan.

Baca Juga: Pemerintah Konawe Selatan Gencar Berantas Stunting Melaui Program Pencegahan dan Pemulihan Gizi Anak

Menurutnya, meski pemerintah sudah menyediakan anggaran, jika tidak ada penggeraknya, itu akan sia-sia. Pemerintah akan selalu memberikan support jika itu dilaksanakan dan dirembukkan bersama.

"Inilah upaya pemerintah saat ini, memberikan ruang dan support bagi para pelaku UMKM untuk lebih maju dan berkembang. Seiring perkembangan digitalisasi yang terjadi saat ini, kita dituntut untuk lebih kreatif dalam mengikuti perkembangan yang ada,” pesannya.

Salah seorang pelaku UMKM di Punggaluku, Konawe Selatan, Mustari, mengungkapkan rasa bangganya kepada pemerintah daerah dengan dukungan serta bantuan yang diberikan dalam rangka mengatasi kemiskinan yang ada di daerah. (A-Adv)

Penulis: Febry Jahra Lestiani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga