Nikmati Pesona Air Terjun di Desa Wisata Limbo Wasamparona Buton

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 19 Juni 2023
0 dilihat
Nikmati Pesona Air Terjun di Desa Wisata Limbo Wasamparona Buton
Keindahan air terjun di Desa Wisata Limbo Wasamparona, Kabupaten Buton. Foto: Facebook Wisata Alam Samparona

" Pengembangan Limbo Wasamparona sebagai destinasi pariwisata telah menjadi perhatian serius. Keunikan Limbo Wasamparona menawarkan beragam daya tarik wisata, mulai dari wisata budaya, wisata alam hingga wisata buatan. Salah satu daya tarik yang menonjol adalah air terjun yang menawarkan pesona alam yang memukau "

BUTON, TELISIK.ID - Pengembangan Limbo Wasamparona sebagai destinasi pariwisata telah menjadi perhatian serius. Keunikan Limbo Wasamparona menawarkan beragam daya tarik wisata, mulai dari wisata budaya, wisata alam hingga wisata buatan. Salah satu daya tarik yang menonjol adalah air terjun yang menawarkan pesona alam yang memukau.

Dikenal dengan keindahan alamnya, Desa Wisata Limbo Wasamparona atau Kelurahan Kaisabu Baru ini terletak dalam jarak yang cukup dekat dari pusat Kota Baubau (sekitar 12 Km) dan pusat Kota Kabupaten Buton serta Kabupaten Buton Selatan (sekitar 20 Km). Dari Bandara Betoambari, lokasi ini dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih setengah jam dengan jarak sekitar 15 Km.

Salah satu objek wisata alam yang ada di Desa Wisata Limbo Wasamparona adalah air terjun Samparona. Terletak di Desa Lipumangau, Kecamatan Sampolawa, Kabupaten Buton, air terjun ini menyimpan pesona luar biasa yang mampu meluluhkan hati siapa saja yang beruntung melihatnya.

Baca Juga: Menikmati Keindahan Kota Kendari dari Puncak Victo di Kampung Watu-Watu

Dihimpun dari berbagai sumber, lokasi wisata air terjun Samparona masih alami, dengan udara yang sejuk dan segar. Sebelum mencapai lokasi air terjun utama, pengunjung akan disuguhi dengan berbagai panorama menarik, termasuk air terjun Kantongara dengan ketinggian mencapai 30 meter, terbuat dari susunan batu kapur yang berundak-undak.

Sejumlah pengunjung menikmati air terjun di Desa Wisata Limbo Wasamparona. Foto: Facebook Syam Putra Buton

 

Sejurus sebelum mencapai air terjun utama, gemercik deras air yang berjatuhan dari tebing setinggi 50 meter akan mengisi telinga pengunjung.

Di air terjun Samparona dan air terjun Kantongara, para wisatawan akan dimanjakan oleh pemandangan air terjun yang megah dan suara alam yang menenangkan. Pengunjung juga dapat merasakan kesegaran air dengan berendam di bawah guyuran air terjun yang menyegarkan.

Tak hanya itu, pengalaman di air terjun Samparona semakin menarik dengan kesempatan masuk ke dalam gua ular dan gua seribu kelelawar. Sementara kicauan burung dan suara-suara alam akan menjadi musik alami yang mengiringi perjalanan wisatawan.

Air Terjun Samparona menjadi daya tarik utama untuk wisatawan yang ingin menikmati pesona alam dan ketenangan yang ditawarkan. Keindahan alamnya yang spektakuler dan udara yang segar membuat kunjungan ke sini menjadi pengalaman tak terlupakan.

Baca Juga: Desa Wisata Kollo Soha Wakatobi Tetap Asri Meski Dibangun Pelabuhan Ferry

Air terjun samparona memberikan pilihan wisata yang cocok untuk pencinta alam dan petualangan. Dengan lokasi yang masih alami dan jarang tersentuh oleh perkembangan modern, destinasi wisata ini menawarkan kedamaian dan ketenangan yang sulit ditemukan di tempat lain.

Air terjun samparona yang ada di Desa Wisata Limbo Wasamparona terus dikembangkan dan dijaga kelastariannya. Apalagi Limbo Wasamparona ini menjadi salah satu perwakilan tempat wisata dari Sulawesi Tenggara yang telah berhasil masuk dalam kategori 500 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2023.

Pengumuman tersebut disampaikan secara langsung oleh Menparekraf RI, Sandiaga Uno melalui akun Instagram @kemenparekraf.ri. (B-Adv)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga