Padi 1 Juta Hektare Dipanen untuk Penuhi Kebutuhan Beras Muna Barat

Putri Wulandari, telisik indonesia
Minggu, 12 Maret 2023
0 dilihat
Padi 1 Juta Hektare Dipanen untuk Penuhi Kebutuhan Beras Muna Barat
Pasca panen padi satu juta hektare di Desa Lawada, Kecamatan Sawerigadi, Muna Barat. Foto: Ist.

" Penuhi kebutuhan beras di tengah inflasi yang melanda daerah, Pemerintah Kabupaten Muna Barat panen padi satu juta hektare, tepatnya di Desa Lawada, Kecamatan Sawerigadi "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Penuhi kebutuhan beras di tengah inflasi yang melanda daerah, Pemerintah Kabupaten Muna Barat panen padi satu juta hektare, tepatnya di Desa Lawada, Kecamatan Sawerigadi.

Panen padi satu juta hektare itu sebagai bentuk dukungan penuh pemerintah Kabupaten Muna Barat terhadap pencanangan yang dilakukan oleh Kementerian Pertanian (Kementan) RI pada program panen padi nusantara.

Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat, Bahri mengatakan, di tengah kondisi inflasi yang menimpa daerah, pemerintah terus berupaya dalam menekan laju inflasi dengan melakukan berbagai program, misalnya gerakan nasional panen padi nusantara satu juta hektare.

Baca Juga: Satu Tenaga Guru Muna Barat Tidak Lulus Seleksi PPPK

"Ini dicanangkan Kementan RI untuk memenuhi akan beras di tengah inflasi, pemda juga saat ini gencar lakukan berbagai upaya untuk menekan laju inflasi," ungkap Bahri.

Program panen padi nusantara itu sebagai gerakan serentak yang diharapkan mampu dijadikan sebagai salah satu langkah nyata dalam pengendalian inflasi di Muna Barat, serta mampu menekan harga beras dan dapat meningkatkan pendapatan petani lokal.

Untuk itu, Desa Lawada sebagai penghasil beras atau lumbung padi di Muna Barat yang didukung dengan infrastruktur pengairan yang bagus dan terpelihara dengan baik, walaupun terjadi penurunan debit air karena rusaknya sebagian bendungan Laanofo.

"Serta ada juga intervensi pemda, perlu membuat program pada APBD untuk menuju Muna Barat swasembada beras dengan membuka areal sawah baru," tuturnya.

Kemudian Kepala Dinas Pertanian, Nestor Jono mengatakan, kegiatan panen padi nusantara satu juta hektare itu dilakukan secara serentak se-Indonesia yang dilaksanakan mulai 9-16 Maret 2023, pusatnya bertempat di Kabupaten Kebumen.

"Kalau di Sulawesi Tenggara di Kabupaten Bombana, nah untuk Kabupaten Muna Barat ditempatkan di Desa Lawada, Kecamatan Sawerigadi," ungkapnya via WhatssApp, Minggu (12/3/2023).

Baca Juga: Golkar Muna Barat Inginkan Bacabup Berkontribusi ke Partai

Nestor katakan, pemerintah daerah akan terus mengupayakan agar petani tetap semangat dengan harapan gerakan panen tersebut mampu memberikan kontribusi dalam rangka menekan angka inflasi yang disebabkan kelangkaan ketersediaan beras.

Ke depannya juga pemerintah daerah berharap di Muna Barat dapat swasembada beras, untuk itu pemerintah daerah menyadari perlunya bantuan alsintan jonder bagi tiap desa, agar mendapatkan hasil yang maksimal.

"Nantinya akan diupayakan tiap desa mendapat per unit, dan akan dianggarkan tiap tahunnya bisa alokasikan enam unit jonder, dan ini telah dilakukan," tutupnya. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga