Pamer Season XVI se-Indonesia Digelar di Universitas Halu Oleo Kendari

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Senin, 15 Mei 2023
0 dilihat
Pamer Season XVI se-Indonesia Digelar di Universitas Halu Oleo Kendari
Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Halu Oleo Kendari, kembali mengadakan Pekan Matematika Kreatif season XV se-Indonesia. Foto: Wa Ode Ria Ika Hasana/Telisik

" Kegiatan Pekan Matematika Kreatif season XV merupakan agenda tahunan dari Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - Guna mempromosikan Jurusan Pendidikan Matematika, Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, kembali mengadakan Pekan Matematika Kreatif season XVI se-Indonesia.

Kegiatan ini diikuti berbagai sekolah, mulai siswa Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) hingga mahasiswa dari perguruan tinggi se-Indonesia, yang dimulai hari Senin 15 Mei hingga 21 Mei 2023.

Kegiatan ini merupakan agenda tahunan dari Jurusan Pendidikan Matematika. Pekan Matematika Kreatif season XV tahun ini bertema "Mewujudkan potensi intelektual untuk mewujudkan generasi CERDAS (Creative, Educative, Responsible, Dedicative, Sportive) melalui kompetisi matematika menuju era society 5.0."

Adapun jenis lomba dalam kegiatan ini antara lain untuk tingkat SD/MI, olimpiade matematika dan rangking 1 matematika. Untuk tingkat SMP olimpiade matematika, projek matematika, dan literasi matematika, sedangkan untuk tingkat SMA ada olimpiade matematika, projek matematika, KTI matematika, dan literasi matematika.

Baca Juga: Dirancang Sekolah Unggulan, SMA Negeri 4 Raha Ukir Prestasi di Kancah Nasional

Sementara untuk tingkat perguruan tinggi atau mahasiswa ada microteaching matematika, KTI matematika, media pembelajaran matematika, esai matematika, cipta baca puisi matematika, dan video edukatif matematika.

Ketua panitia, Erna Silfiana mengatakan, pekan matematika ini sudah diadakan sebanyak 16 kali dan tahun ini menjadi tahun ke 3 kegiatan ini dilaksanakan dalam skala se-Indonesia.

"Peserta yang mengikuti kegiatan ini ada 217 peserta dan untuk dari luar Sulawesi Tenggara ada yang mengikuti lomba KTI dari Palembang, dan masih banyak lagi," ujar Erna, Senin (15/5/2023).

Baca Juga: Ikut Lomba di UHO, Siswa SMAN 2 Kendari Sukses Bawa Pulang Tiga Piala

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik UHO, La Ode Nggawu mengatakan, kegiatan hari ini bisa memberikan sumbangsih kepada Jurusan Pendidikan Matematika yang akan mengajukan akreditasi internasional.

"Kegiatan ini diadakan sebagai pembinaan bakat para adik-adik siswa dan mahasiswa untuk mengasah kreatifitas mereka dalam bidang matematika," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Jurusan Matematika, Awaluddin juga mengapresiasi kinerja para HMJ dan panitia pekan matematika ini hingga bisa terlaksana dengan baik. Menurutnya, bagi Jurusan Matematika sendiri kegiatan ini punya kepentingan besar dan secara external untuk mempromosikan Jurusan Matematika di dunia luar bahwa kita selalu menyiapkan wadah kepada seluruh siswa untuk mengembangkan potensinya. (A)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga