Dirancang Sekolah Unggulan, SMA Negeri 4 Raha Ukir Prestasi di Kancah Nasional

Putri Wulandari, telisik indonesia
Kamis, 27 April 2023
0 dilihat
Dirancang Sekolah Unggulan, SMA Negeri 4 Raha Ukir Prestasi di Kancah Nasional
Reuni akbar SMA Negeri khusus Raha yang telah berganti nama menjadi SMA Negeri 4 Raha. Foto: Ist.

" Pernah menjadi sekolah unggulan di Kabupaten Muna, Sekolah Menengah Atas (SMA) Khusus Raha kini berganti nama menjadi SMA Negeri 4 Raha "

MUNA, TELISIK.ID - Pernah menjadi sekolah unggulan di Kabupaten Muna, Sekolah Menengah Atas (SMA) Khusus Raha kini berganti nama menjadi SMA Negeri 4 Raha dengan segudang prestasi yang dicetak oleh para peserta didik.

Sekolah yang terletak di Jalan Sugipatola Nomor 4, Desa Lasalepa, Kecamatan Lasalepa, Kabupaten Muna itu berdiri sejak tahun 2003 dengan nama awal SMA Negeri Khusus Raha.

Seperti nama awal yang diberikan untuk sekolah tersebut, memang dipersiapkan oleh pemerintah pada masa jabatan Ridwan Bae sebagai Bupati Muna ke-10 untuk menjadi sekolah unggulan.

Mantan Bupati Muna sekaligus anggota DPR RI, Ridwan Bae mengatakan, SMA Negeri Khusus Raha memang dipersiapkan untuk para siswa unggulan se-Kabupaten Muna untuk sekolah di SMA tersebut, dengan harapan dalam jangka panjang bagi siswa berprestasi, daerah akan menanggung biaya pendidikan bagi siswa yang tidak mampu.

Di SMA itu juga para pengajar dipilih yang berkompeten dalam bidang masing-masing, sehingga para siswa yang menempuh pendidikan di sekolah tersebut mendapat proses belajar mengajar yang baik.

Baca Juga: Pemda Kolaka Timur Latih Kepala Sekolah Perencanaan Berbasis Data

"Awalnya sekolah ini akan dibangun di wilayah rujab, namun karena lahannya tidak luas, maka dicarikan lahan luas yakni lokasi saat ini," ungkap Ridwan Bae dihubungi melalui telepon selulernya, Kamis (27/4/2023).

Namun disayangkan, program sekolah unggulan tersebut tidak lagi dilanjutkan oleh pemerintah daerah usai ia tak lagi menakhodai Kabupaten Muna.

Sementara itu, Wakasek I SMA Negeri 4 Raha, Karimudin mengatakan, pergantian nama sekolah dikarenakan adanya perubahan nomenklatur yang terjadi bagi sekolah di seluruh Kabupaten Muna mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA).

Dengan berganti nama sekolah, tak mengurungkan sekolah itu untuk terus mengepak dan mengukir prestasi di kancah nasional. Telah banyak prestasi yang dibuktikan oleh peserta didik sekolah tersebut, baik secara akademik maupun non akademik.

"Sampai saat ini juga sekolah ini masih terakreditasi A, kemudian prestasinya masih seperti dulu," ungkap Karimudin saat reuni akbar.

Ia mengatakan, prestasi yang telah ditorehkan oleh peserta didik yakni menjuarai olimpiade geografi dan astronomi pada tahun 2021, menjuarai olimpiade bidang matematika tingkat kabupaten, badminton tingkat nasional, juara 1 OSN geografi tingkat kabupaten dan provinsi hingga tembus kancah nasional pada tahun 2015 silam.

"Kalau bicara prestasi, peserta didik di sini juga mempuni untuk bersaing dengan sekolah lain," pungkasnya.

Baca Juga: Waktu Pembelajaran Sekolah Dikurangi Selama Ramadan

Untuk itu, harapannya dengan terbentuknya Ikatan Alumni SMA Negeri 4 Raha terus berkolaborasi dalam mengembangkan sekolah tersebut, mengingat saat ini banyak SMA yang telah didirikan di lingkungan tersebut.

Selanjutnya, Kepala Sekolah SMK Kontunaga, La Unsa turut memberikan apresiasi dengan adanya IKA SMA Negeri 4 Raha yang telah terbentuk.

"Saat ini mencari sekolah karena gengsi bukan waktunya lagi, sebab seluruh sekolah punya kurikulum yang sama," ungkap mantan guru SMA Negeri 4 Raha.

Ia juga mengatakan perlunya dukungan para alumni untuk menjadikan sekolah terbaik dan mampu melahirkan generasi unggul di masa depan. (A)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga