Di Luar Dugaan, Sekjen PDIP Bocorkan Capres 2024 Pilihan Megawati Jatuh Pada...

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Sabtu, 12 Juni 2021
0 dilihat
Di Luar Dugaan, Sekjen PDIP Bocorkan Capres 2024 Pilihan Megawati Jatuh Pada...
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Foto: Repro pdiperjuangan.id

" Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri akan menentukan calon presiden dan wakil presiden yang diusungnya pada pemilihan presiden (Pilpres) 2024 berdasarkan kehendak masyarakat. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri akan menentukan calon presiden dan wakil presiden yang diusungnya pada pemilihan presiden (Pilpres) 2024 berdasarkan kehendak masyarakat.

Menurut Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto, Megawati adalah model pemimpin strategis yang memikirkan masa depan dengan menyiapkan sosok-sosok pemimpin untuk masa mendatang.

"Sehingga kehendak rakyat itulah yang akan dibaca oleh Megawati yang punya hak prerogatif dan ini pun di dalam memohon terang dari Tuhan yang Maha Kuasa agar memberikan suatu inspirasi terhadap pemimpin ke depan guna membawa kejayaan bangsa ini," kata Hasto, dilansir dari Sindonews.com, Sabtu (12/6/2021).

Hasto tak mau ambil pusing ihwal hasil survei capres yang belakangan ini kerap muncul. Menurutnya, dia hanya membantu Megawati di dalam partai.

"Ah, yang jelas bukan saya. Saya membantu Bu Mega membangun partai," ujarnya.

Ia menjelaskan, Megawati dan PDIP memahami bahwa survei adalah instrumen. Namun harus dipastikan tanpa rekayasa opini.

Baca juga: Dukung ASR di Pilgub, Gerindra Siap Menangkan Pemilu di Sultra

Baca juga: Perkuat Struktur Partai, Gerindra Konawe Siap Rebut Kursi Ketua DPRD

"Jadi kan Ibu Mega mengatakan supremasi opini itu sering kali mengalahkan fakta. Dan menjadi seorang pemimpin memang dia harus punya kemampuan komunikasi politik yang baik. Tetapi di luar itu, dia punya tanggung jawab, dia punya kekokohan dalam hal prinsip. Dia punya kemampuan teknokratik dan itu kan harus dipersiapkan, dilakukan dengan sebaik-baiknya," katanya.

Sebelumnya dilansir dari detik.com, Megawati juga dinilai memiliki peluang besar untuk maju dalam Pilpres 2024. Megawati didorong maju menjadi capres.

"PDI Perjuangan memiliki 128 kursi di DPR RI, sedangkan syarat untuk tiket pilpres atau presidensial threshold adalah 115 kursi (20?ri jumlah kursi di DPR RI). Artinya, PDI Perjuangan adalah satu-satunya partai yang sudah siap tiket di Pilpres," ujar Direktur Pro Mega Center Mochtar Mohammad.

Mochtar mengatakan, Megawati merupakan pemegang hak prerogatif atau tiket pencalonan PDIP di Pilpres 2024 berdasarkan hasil Kongres V di Bali tahun 2019. Mochtar menilai terdapat beberapa alasan kuat Megawati berpeluang maju di Pilpres 2024.

Megawati disebut merupakan figur sentral di PDI Perjuangan. Selain itu, Megawati dinilai berpengalaman dalam menjadi presiden dan berhasil mengatasi krisis ekonomi pada 1998.

"Pertama, selain karena Ibu Megawati merupakan pemegang tiket pencalonan sebagaimana amanat kongres, beliau adalah figur sentral di PDI Perjuangan. Kedua, beliau berpengalaman menjadi Presiden dan berhasil mengatasi krisis ekonomi dampak dari krisis ekonomi tahun 1998," kata Mochtar. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga