PAN Survei Elektabilitas Calon Kepala Daerah

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 23 Desember 2019
0 dilihat
PAN Survei Elektabilitas Calon Kepala Daerah
Ketua DPW PAN Sultra, Abdurrahman Saleh Foto: Istimewa

" Kami tegaskan tidak akan ada namanya survei pesanan, kita juga akan hindari lembaga-lembaga survei yang mengambil sampel pada orang-orang itu saja. Intinya adalah orang-orang yang akan disurvei itu berdoa saja di rumah agar mereka yang akan disurvei, tidak akan ada kecurangan. "

KENDARI, TELISIK.ID - Dalam menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), Tim Pilkada Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Sultra akan melakukan survei di tujuh daerah yang akan menggelar pilkada serentak tahun 2020 mendatang.

Ketua DPW PAN Sultra, Abdurrahman Saleh mengatakan, survei ini nantinya akan berjalan dengan kredibel dan tidak akan menguntungkan pihak manapun. Sehingga survei tersebut betul-betul merupakan hasil dari suara rakyat di daerah masing-masing.

Baca Juga: Dikmudora Kota Kendari Belum Terima Laporan Pungli

“Kami tegaskan tidak akan ada namanya survei pesanan, kita juga akan hindari lembaga-lembaga survei yang mengambil sampel pada orang-orang itu saja. Intinya adalah orang-orang yang akan disurvei itu berdoa saja di rumah agar mereka yang akan disurvei, tidak akan ada kecurangan,” katanya kepada awak media, Sabtu (21/12/2019).

Dengan begitu, tambah dia, hasil survei ini dapat menjadi pertimbangan yang akan diserahkan kepada Dewan Pimpinan Pusat (DPP) untuk diputuskan.

Meski memang DPP yang akan menentukan siapa calon-calon yang akan diusulkan bertarung di pilkada 2020 nanti, namun DPW memiliki peran strategis untuk memberikan rekomendasi siapa-siapa saja figur yang layak maju.

“Memang yang menentukan calon merupakan kewenangan dari DPP, namun DPW akan memberikan masukan dan pertimbangan siapa yang cocok maju,” pungkasnya.

Sementara itu, Tim Pilkada DPW PAN Sultra, Sukarman mengungkapkan, survei tersebut dilakukan untuk mengukur elektabilitas kekuatan seluruh bakal calon kepala daerah yang akan bertarung di pilkada dan survei ini akan dilakukan pada awal Januari 2020 mendatang.

“Untuk survei, kita akan mulai pada awal Januari 2020 mungkin sekitar minggu pertama atau kedua. Untuk lembaga surveinya nanti ada tiga yang diturunkan dan nama-namanya sendiri sementara diproses,” ungkapnya.

Untuk diketahui, yang sudah melakukan registrasi calon kepala daerah dan wakil kepala daerah di DPW PAN Sultra untuk pilkada 2020 nanti berjumlah 29 orang, terdiri dari 20 calon bupati dan 9 calon wakil bupati di 7 kabupaten.

Reporter: Fitrah Nugraha
Editor: Rani

Baca Juga