Panas, China Bangun Koalisi Kecam Amerika Serikat

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 29 November 2021
0 dilihat
Panas, China Bangun Koalisi Kecam Amerika Serikat
Bendera AS dan China. Foto: Repro AFP

" Perseteruan antar negara di dunia belum bisa dihentikan. Bukan hanya negara kecil, namun bahkan melibatkan negara besar seperti China dan Amerika Serikat (AS) "

JAKARTA, TELISIK.ID - Perseteruan antar negara di dunia belum bisa dihentikan. Bukan hanya negara kecil, namun bahkan melibatkan negara besar seperti China dan Amerika Serikat (AS).

Melansir cnbcindonesia.com, kali ini perseteruan terjadi antara China dan AS. Di mana, negara yang berjuluk Tirai Bambu itu mengkritik keras Negeri Paman Sam.

Hal tersebut terjadi akibat akan diselenggarakannya KTT Demokrasi di AS yang mengundang sebagian negara saja, termasuk Taiwan yang bermasalah dengan Tirai Bambu.

Mengutip Nikkei Asia, China mulai memperkuat hubungan negara-negara yang tidak diundang. Sebelumnya AS mengundang 110 pihak, termasuk India dan Jepang namun China tak masuk dalam daftar.

Hal ini terkuak dari pernyataan Menteri Luar Negeri Wang Yi, yang berbicara dengan mitranya Menlu Rusia Sergey Lavrov. Ia menyebut pertemuan yang dibuat AS itu memecah belah.

Baca Juga: Ternyata Ini Kota Paling Aman di Dunia, Jakarta Urutan 46

Hal sama juga dikatakannya ke Menlu Iran Hossein Amirabdollahian. "'KTT untuk Demokrasi' adalah untuk menghasut konfrontasi blok dengan garis ideologis dan upaya untuk melaksanakan transformasi gaya Amerika untuk melayani kebutuhan strategis negeri itu sendiri," kata Wang Yi.

Wang Yi juga berkomunikasi dengan Palestina pekan lalu. Berbicara dalam sambungan telepon ke Wakil Perdana Menteri Palestina Ziad Abu Amr Selasa lalu.

"China akan terus berdiri teguh dengan rakyat Palestina dalam upaya pembentukan negara merdeka," tegasnya.

Palestina sendiri juga tak diundang ke KTT tersebut. Padahal Israel hadir.

Dilansir di media yang sama, Wang Yi juga berbicara sengam Menlu Hungaria Peter Szijjarto. Pihak China memuji Budapest karena menjunjung tinggi prinsip non-intervensi dalam urusan internal negara lain.

Hungaria telah berselisih dengan Uni Eropa, meski bagian dari kelompok tersebut.

Baca Juga: Kim Jong Un Larang Warga Pakai Mantel Kulit Seperti Dirinya

Sementara itu, Uni Eropa sendiri telah diundang ke KTT Demokrasi, tetapi Hungaria belum.

KTT Demokrasi sendiri akan berlangsung secara virtual pada 9 dan 10 Desember.

Gelaran ini juga merupakan salah satu janji kampanye Presiden AS Joe Biden, yang menempatkan perjuangan antara demokrasi dan "pemerintah otokratis" pada kebijakan luar negerinya.

Taiwan diundang bukan sebagai negara tetapi sebagai model demokrasi. Hingga saat ini, China menganggap Taiwan sebagai provinsinya sementara Taipe menolak klaim tersebut. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga