Pandemi COVID-19 Dorong UMKM di Kabaena Berinovasi Produksi Gula Semut

Hir Abrianto, telisik indonesia
Sabtu, 04 September 2021
0 dilihat
Pandemi COVID-19 Dorong UMKM di Kabaena Berinovasi Produksi Gula Semut
Kemasan gula semut Arenka yang diproduksi UMKM di Pulau Kabaena. Foto: Hir Abrianto/Telisik

" Kepada Telisik.id Suswanto mengatakan, produksi gula semut ARENKA baru mulai diproduksi pada Agustus 2021 lalu. "

BOMBANA, TELISIK.ID - Akibat pandemi COVID-19, tak sedikit pelaku usaha gulung tikar dan menutup gerai usaha sehingga pengangguran terus bertambah dimana-mana.

Beda halnya di Pulau Kabaena, Kabupaten Bombana. Pulau yang dikenal dengan pola hidup masyarakat agraris atau bertani itu, petani gula aren justru mendapat berkah di tengah pandemi. Mereka berhasil mengembangkan produk gula semut dengan bahan dasar gula asli Kabaena.

Potensi Kabaena sebagai pulau penghasil gula aren, tidak disia-siakan oleh Siswanto, pelaku UMKM asal Desa Ulungkura. Dia mengemas gula yang biasa dipadatkan dengan cetakan tempung kelapa menjadi lebih ekonomis dan bernilai pasar dan diberi label "ARENKA" gula semut Khas Kabaena.

Kepada Telisik.id Suswanto mengatakan, produksi gula semut ARENKA baru mulai diproduksi pada Agustus 2021 lalu.

"Kami mulai produksi dari bulan Agustus lalu. Kami melihat gula aren khas Kabaena sangat berpotensi untuk dikembangkan agar memiliki nilai jual apalagi kita sudah dikenal dengan penghasil gula aren murni," ucap Suswanto.

Saat ini produk ARENKA telah banyak dipesan, bahkan dari luar Sulawesi Tenggara seperti Pulau Sumatera, Jakarta Utara, Makassar terlebih lagi pasaran lokal di Sultra.

Baca juga: Warga Blokade Jalan, Perusahaan di Bombana Dinilai Ganggu Aktivitas Warga

Baca juga: Penetapan Nama RS dr LM Baharuddin Bentuk Penghargaan Bupati kepada Pendahulunya

"Sudah ratusan paket terjual secara online di Sulsel, Jakarta, Sumatera serta kota-kota lain di Jawa," ujarnya.

Dengan begitu, selaku tokoh muda Kabaena, Muh. Arham, Direktur LKPD Sultra memberikan dukungan kepada pelaku usaha UMKM Gula ARENKA. Bahkan dia turut membantu mempromosikan produk asli asal tanah kelahirannya itu.

"Usaha-usaha begini harus mendapatkan dukungan karena termasuk sedang berbuat untuk membangun perekonomian daerah. Ayo beli gula aren dari Kabaena," pesannya di sela promosi gula aren.

Di tempat berbeda, Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Bombana, Janariah memberikan kesempatan kepada pelaku usaha produk gula aren untuk membangun kemitraan dalam event-event festival.

"Nanti akan ada event Festival Tangkeno, peringatan HUT Bombana, HUT Sultra. Disitu bisa  jadi tempat memperkenalkan produk asli Kabaena kepada publik," Pungkasnya.

Bagi yang ingin menikmati tegukan kopi dengan pemanis gula aren khas Kabaena, Silakan hubungi Suswanto di nomor 082312979697 untuk pemesanan secara online. (A)

Reporter: Hir Abrianto

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga