adplus-dvertising

Panorama Pantai Topa Wabula Buton yang Kurang Dilirik Wisatawan

Iradat Kurniawan, telisik indonesia
Sabtu, 10 Oktober 2020
4638 dilihat
Panorama Pantai Topa Wabula Buton yang Kurang Dilirik Wisatawan
Panorama Pantai Wabula. Foto: Iradat Kurniawan/Telisik

" Biasanya pada hari libur banyak warga dari sekitaran daerah Wabula dan dari luar daerah yang piknik di pantai. "

BUTON, TELISIK.ID - Dari sekian banyak kearifan lokal yang dimiliki Kabupaten Buton, Pantai Topa adalah salah satu dari sekian banyak objek wisata bahari yang layak untuk dijadikan tujuan untuk melepas penat diakhir pekan.

Pantai tersebut terletak di Desa Wabula Induk Kecamatan Wabula sekira 20 kilometer jauhnya dari Ibukota Kabupaten Buton, Pasarwajo.

Keindahan Pantai Topa tidak perlu diragukan karena menyajikan panorama laut dan pesisir pantai yang membentang luas dengan sepoinya angin laut yang menyejukkan.


Objek wisata tersebut dibuka secara umum pada tahun 2014 oleh Nur Alam yang pada waktu itu masih menjabat sebagai Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra).

Baca juga: Menjelajahi Puncak Kahyangan, Setumpuk Keindahan dari Wakatobi

Nur Asidah salah seorang warga yang bertempat tinggal di daerah destinasi wisata itu menjelaskan, pada waktu libur biasanya  banyak wisatawan yang berkunjung.

"Biasanya pada hari libur banyak warga dari sekitaran daerah Wabula dan dari luar daerah yang piknik di pantai," jelas Nur Asidah Sabtu (10/10/2020).

Meski begitu kata Nur Asidah, keberadaan objek wisata belum berdampak begitu baik untuk peningkatan ekonomi di sekitar tempat wisata karena jumlah wisatawan masih dibilang kurang maksimal.

"Yang berkunjung di pantai ini menurut saya masih kurang, mungkin karena kurang promosi sehingga belum berdampak baik untuk perbaikan ekonomi para penduduk di daerah ini," katanya. (B)

Reporter: Iradat Kurniawan

Editor: Kardin

TAG:
Baca Juga