adplus-dvertising

Papua Segera Miliki Kampus Seperti Harvard University

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 16 Februari 2022
1120 dilihat
Papua Segera Miliki Kampus Seperti Harvard University
Lokasi pembangunan Universitas Internasional Papua. Foto: Repro minews.id

" Universitas Internasional Papua itu nantinya menjadi seperti "Harvard" nya Indonesia "

JAKARTA, TELISIK.ID - Dalam waktu dekat Provinsi Papua segera mempunyai kampus bertaraf internasional.

Melansir medcom.id, kampus yang dinamai Universitas Internasional Papua disebut akan menjadi saingan Harvard University di Amerika Serikat.

Hal itu setelah pemerintah pusat secara resmi melakukan serah terima Surat Keputusan (SK) Mendikbudristek Nomor 24/E/O/2022 tentang izin pendirian dan peresmian Universitas Internasional Papua (UIP), Senin (14/2/2022).


SK yang telah diterbitkan sejak 17 Januari 2022 itu sebagai dukungan pemerintah terhadap sektor pendidikan dalam memajukan sumber daya manusia di Papua.

Staf Khusus Presiden, Billy Mambrasar merasa bangga akan kehadiran pendidikan tinggi dengan level internasional di Papua.

Billy yang merupakan putra asli Papua lulusan Oxford University yang sedang melanjutkan pendidikannya di Harvard University ini optimistis, Universitas Internasional Papua itu nantinya menjadi seperti "Harvard" nya Indonesia.

"Kehadiran Universitas Internasional Papua, memberikan angin segar bagi sektor pendidikan, khususnya pendidikan tinggi di Tanah Papua. Hal ini tentu saja mendukung pemerintah pusat dalam mewujudkan Inpres No. 9 tahun 2020,” ujarnya dikutip dari okezone.com, Rabu (16/2/2022),

Baca Juga: Institut Sains Teknologi dan Kesehatan Aisyiyah Hadir di Kendari, Siapkan 3 Program Studi

“Pada presentasi pengenalan profil kampus dalam acara tadi, saya optimistis universitas ini bisa menjadi 'Harvard' di Indonesia. Selain mempunyai dua Fakultas unggulan yaitu; Sains & Teknologi dan Keguruan & Ilmu Pendidikan, UIP juga difasilitasi dengan Research Center berskala Internasional yang akan sangat menunjang sarana pembelajaran para mahasiswa," beber Billy.

Universitas Internasional Papua juga melakukan lauching aplikasi platform pendidikan TKBEL yang bertaraf wold class technology.

Bapak Samuel Tabuni selaku pendiri yayasan Mega Edukasi Papua (MEP) yang menaungi Universitas Internasional Papua, merupakan salah satu founder dari aplikasi ini bersama para ahli yang berasal dari luar negeri.

Baca Juga: Dinobatkan Sebagai Penyelenggara Pembelajaran Daring Terbaik, Begini Tanggapan Rektor UMW Dan UMK

Billy juga menyampaikan harapan, agar seluruh civitas akademika Univesitas Internasional Papua berkomitmen penuh dalam menghadirikan pendidikan yang berkualitas untuk memajukan Tanah Papua

"Sebagai seorang yang juga berkecimpung dalam dunia pendidikan, saya mengajak seluruh civitas akademika Universitas Internasional Papua untuk berkontribusi dalam kemajuan Tanah Pendidikan melalui jalur pendidikan tinggi," ujarnya.

"Saya yakin kampus ini akan menyumbangkan sumber daya manusia berkualitas unggul yang akan memajukan Tanah Papua dan juga membantu Indonesia dalam mengejar bonus demografi di tahun 2030 dan Indonesia Emas 2045," pungkas Billy.

Diketahui, Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 24/E/O/2022 tentang Izin Pendirian Universitas Internasional Papua (UIP) telah diterbitkan pada tanggal 17 Januari 2022, selanjutnya Serah Terima Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi kepada Yayasan MEP dan Soft Launching Universitas Internasional Papua (UIP). (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga