Parkiran TPI Kendari, Tiap Hari Kelompok Orang Setor Ratusan Ribu

Musdar, telisik indonesia
Senin, 15 Maret 2021
0 dilihat
Parkiran TPI Kendari, Tiap Hari Kelompok Orang Setor Ratusan Ribu
Kondisi parkiran di depan TPI Sodohoa Kota Kendari. Foto: Musdar/Telisik

" Dari hasil parkir di luar maupun didalam TPI, berhasil mengumpulkan uang sebagai pendapatan asli daerah (PAD) sejumlah Rp 102.841.000 dari target Rp. 100.000.000 untuk tahun 2020. "

KENDARI, TELISIK.ID - UPTD Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Sodohoa Kota Kendari, menerima setoran ratusan ribu dari kelompok yang mengelola parkir di luar pagar TPI.

Uang dari penarikan tarif parkir kendaraan pengunjung diterima setiap hari sebanyak Rp 220 ribu.

Kepala UPTD TPI Sodohoa Kota Kendari, Matrah mengatakan, besaran yang disetor berdasarkan Memorandum of Understanding (MoU) antara Dinas Perikanan Kota Kendari dan pihak ketiga tahun 2019.

Dalam MoU tersebut, menetapkan salah satunya adalah besaran yang harus dibayarkan oleh pihak ketiga. Pihak ketiga yang dimaksud adalah sekolompok orang. Matrah tidak mengetahui apa nama kelompok tersebut.

"Jadi uang hari ini disetor ke UPTD, dan langsung juga kita setor ke bendahara penerimaan Dinas Perikanan. Jadi tidak ada yang yang bermalam, resikonya besar," kata Matrah saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (15/3/2021).

Matrah menyebut, petugas parkir yang bertugas di luar pagar TPI atau di badan jalan tersebut diberikan karcis atau struk untuk diberikan kepada pengendara yang memarkirkan kendaraannya. Hanya saja, Matrah mengakui masih banyak yang memungut tanpa memberikan struk parkir tersebut.

Baca Juga: Penitipan Dana PPM BU Pertambangan di Kejati Dianggap Tidak Tepat

"Kita sudah kasikan karcis, hanyakan saya lihat itu banyak sekali yang pungit-pungut (tanpa karcis)," ungkap Matrah.

Dari hasil parkir di luar maupun didalam TPI, berhasil mengumpulkan uang sebagai pendapatan asli daerah (PAD) sejumlah Rp 102.841.000 dari target Rp. 100.000.000 untuk tahun 2020.

"Alhamdulillah ini melebihi target yang diberikan," tutup Matrah.

Untuk diketahui, baru-baru ini parkiran di TPI Sodohoa disoalkan DPRD Kota Kendari. Selain menimbulkan kemacetan karena berada di badan jalan, pengolahan parkir TPI disinyalir dimanfaatkan oleh oknum. (B)

Reporter: Musdar

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga