Tahanan Rutan Kendari Kabur Saat Bersihkan Tower Penjagaan

Riksan Jaya, telisik indonesia
Selasa, 30 Januari 2024
0 dilihat
Tahanan Rutan Kendari Kabur Saat Bersihkan Tower Penjagaan
Rumah Tahanan Kelas II A Kendari. Foto: Facebook Rutan Kendari

" Seorang tahanan berinisial HM asal Kapontori, Kabupaten Buton, kasus pencurian dengan masa dua tahun enam bulan penjara telah kabur dari dari Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II A Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - Seorang tahanan berinisial HM asal Kapontori, Kabupaten Buton, kasus pencurian dengan masa dua tahun enam bulan penjara telah kabur dari dari Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II A Kendari.

Peritiwa tersebut diperkirakan terjadi pada Senin (29/1/2024) pagi. Hal tersebut dibenarkan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementrian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulawesi Tenggara, Silvester Sili Saba.

“Iya benar, ada napi yang lari dari Rutan,” ungkapnya, Selasa (30/1/2024).

Saat ditanya mengenai kronologis kaburnya tahanan tersebut, Silvester menjelaskan, tahanan tersebut kabur saat membersihkan Tower Penjagaan.

Baca Juga: KPPS Kecamatan Tinanggea Soroti Uang Transportasi Pelantikan dan Bimtek Belum Diterima

“Sekitar pukul 06.30 Wita dia lari. Karena dia di atas (narapidana), petugas yang mendampingi ini dia tinggalkan dan masuk ke dalam ruangan kantor kerja. Saat balik, dia tidak lihat lagi, ternyata sudah lari,” jelasnya.

Mengenai tindakan yang akan dilakukan, Silveserter menyampaikan saat ini para aparat sedang melakukan pencarian dan juga melakukan penelusuran di daerah pelabuhan.

Baca Juga: Kasus Siswi SMK Kendari Viral Isap Sinte Ditutup, Ini Alasannya

“Saat ini sedang dilakukan pencarian dan pengejaran yang bersangkutan. Kami juga melakukan koordinasi dengan pelabuhan-pelabuhan, baik itu yang ada di Kolaka maupun di Baubau untuk mencegah dia keluar daerah," ujarnya.

Silvester pun menambahkan, akan malakukan pencarian secara menyeluruh di tempat-tempat umum hingga ke luar wilayah Kota Kendari.

“Termasuk koordinasi dengan instansi di pelabuhan laut Kendari dan masyarakat sekitar, serta tempat-tempat terminal angkutan umum di semua titik di Kota Kendari dan kabupaten sekitar seperti Konawe, Kolaka, Baubau, dan Raha,” pungkasnya.

Tim Telisik.id mencoba untuk menindaklanjuti kejadian kaburnya tahanan tersebut ke Rutan Kelas II A Kendari. Namun petugas yang berjaga saat itu mengaku Kepala Rutan Kelas II A Kendari beserta pejabat yang berwenang untuk memberikan penjelasan sedang berada di luar. (B)

Penulis: Riksan Jaya

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga