Parpol Ramai Adakan Jalan Santai, Pengamat Politik: Masyarakat Harus Pintar

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 16 Oktober 2022
0 dilihat
Parpol Ramai Adakan Jalan Santai, Pengamat Politik: Masyarakat Harus Pintar
Pengamat politik menilai langkah yang dilakukan parpol, dalam mengusung jalan santai dengan beragam hadiah dan doorprize adalah langkah yang cukup efektif dan menarik. Foto: Nur Khumairah/Telisik

" Meski pemilu serentak bakal diadakan 2024 mendatang, namun aura kompetisi sudah terasa saat ini. Beragam acara dilakukan partai politik (parpol), salah satunya dengan jalan santai "

KENDARI, TELISIK.ID - Meski pemilu serentak bakal diadakan 2024 mendatang, namun aura kompetisi sudah terasa saat ini. Beragam acara dilakukan partai politik (parpol), salah satunya dengan jalan santai.

Beberapa hari terakhir, ramai acara jalan santai yang dilakukan parpol seperti Partai NasDem, Gerindra dan Golkar yang turut dimeriahkan oleh warga Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

Pengamat politik, Najib Husain menilai, langkah yang dilakukan parpol menjadi ajang promosi untuk mendekatkan diri pada masyarakat, terutama pada kader yang akan bertarung di Pemilu 2024 mendatang.

Baca Juga: Diverfak KPU, PKN Sulawesi Tenggara Yakin Lolos Pemilu 2024

"Pemilu itu sekitar 2 tahun lagi, namun setiap parpol sudah harus bergerak dari sekarang," tuturnya, Minggu (16/10/2022).

Ada satu tahapan yang harus mereka lewati yaitu tahapan mencalonkan bakal calon legislatif (bacaleg), hal tersebut membutuhkan dukungan dan partisipasi masyarakat diantaranya harus memenuhi 30% suara perempuan.

"Jika suatu parpol tidak bergerak dari sekarang, mereka akan ketinggalan, langkah ini adalah proses dalam memanaskan mesin partai lebih cepat, sehingga bisa mendongkrak elektabilitas partai," lanjutnya.

Ia mengungkapkan, jika cara ini merupakan pola lama yang pernah dan sering dilakukan bahkan sebelum COVID-19 melanda, cara ini dianggap cukup efektif dan menarik ketimbang mengadakan diskusi dan sebagainya.

Namun, ia berharap pada masyarakat untuk menjadi masyarakat yang cerdas dengan tetap memperhatikan visi dan misi yang dibawa oleh masing-masing parpol, serta memilih calon yang benar-benar memenuhi kriteria dan tidak sekedar mengumbar janji-janji manis saat kampanye.

Baca Juga: Partai Perindo Konawe Selatan Siap Sambut Verfak KPU

Terpisah, Kader Golkar, Aksan Jaya Putra menyebut, jika kegiatan jalan santai selain bertujuan untuk merayakan HUT Golkar, juga mendekatkan diri pada masyarakat terutama pada kader-kader dari parpol tersebut.

"Serta ingin mengenalkan kader-kader terbaik Golkar pada masyarakat luas," tutupnya.

Beberapa orang warga saat dimintai keterangan mengatakan, ikut memeriahkan HUT Golkar itu karena ingin memenangkan hadiah yang sudah disiapkan oleh partai berlambang pohon beringin tersebut.

"Ikut memeriahkan saja, mumpung weekend juga," tutur Sardiman yang disahuti oleh yang lain. (A)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga