PKS dan Gerindra Gencarkan Pendaftaran Bakal Caleg Kota Kendari

Musyrifa Sya’adah, telisik indonesia
Minggu, 08 Januari 2023
0 dilihat
PKS dan Gerindra Gencarkan Pendaftaran Bakal Caleg Kota Kendari
PKS dan Gerindra Kota Kendari telah membuka pendaftaran bacaleg di Pemilu 2024. Foto: Ist.

" Tidak terasa pemilu 2024 tidak lama lagi, kini sejumlah partai politik (parpol) tengah disibukan dengan proses pendaftaran dan pencarian figur bakal calon legislatif yang dianggap layak dan dapat merebut kursi parlemen. Itu juga dilakukan oleh PKS dan Gerindra "

KENDARI, TELISIK.ID - Tidak terasa pemilu 2024 tidak lama lagi, kini sejumlah partai politik (parpol) tengah disibukan dengan proses pendaftaran dan pencarian figur bakal calon legislatif yang dianggap layak dan dapat merebut kursi parlemen. Itu juga dilakukan oleh PKS dan Gerindra.

Pendaftaran bakal calon legislatif di tingkat Kota Kendari yang telah dibuka pada akhir tahun lalu oleh PKS dan di awal Januari 2023 oleh Gerindra, kini sudah menerima sebanyak 7 caleg bagi PKS dan 9 caleg bagi Gerindra dan masih akan terus bertambah.

“Tentunya 7 caleg kita saat ini tetap kami pertahankan dan harapannya ada penambahan yang signifikan, agar bisa lebih leluasa untuk menjembatani kepentingan publik dan kesejahteraan masyarakat,” ujar Sekretaris Umum DPD PKS Kota Kendari, Ade Muhammad Satelit Manata, Minggu (8/1/2023).

Baca Juga: Berlatar Aktivis Kampus, Figur Muda Ini Optimis Nyaleg di Muna Barat

Ade Muhammad menyatakan, sasaran PKS untuk Caleg 2024 adalah dari kalangan kader, simpatisan dan juga tokoh masyarakat, saat ini telah menemukan figur-figur yang akan mengisi kursi DPRD Kota Kendari nantinya.

Sementara Sekretaris Bappilu DPC Gerindra Kota Kendari, Raslin mengatakan, untuk persyaratan pendaftaran sama seperti dikeluarkan oleh KPU, selain itu tentunya memiliki integritas, pengalaman organisasi, mau mengabdi kepada masyarakat juga partai dan patuh terhadap aturan partai, serta bebas dari segala tindak pidana.

Pengumuman bakal caleg masih akan menempuh beberapa proses karena masih banyak yang perlu didiskusikan bersama pengurus partai. Terlebih KPU belum menatapkan dapil.

Baca Juga: Kelompok Tani di Trenggalek Jawa Timur Dukung Prabowo di Pilpres 2024

"Jadi sebelum KPU membuka pendaftaran caleg DPRD Kota Kendari, memang kami sudah harus menetapkan siapa caleg yang layak untuk diusulkan,” kata Raslin.

Untuk partai Gerindra, pengumuman bakal caleg diperkirakan Maret 2023, sedangkan untuk PKS, pengumuman resmi bakal calon tersebut menunggu arahan dari pusat dan sudah siap dengan komposisi yang telah rampung.

Selanjutnya untuk target kursi di DPRD Kota Kendari, Partai Gerindra menargetkan maksimal di masing-masing dapil sebanyak 2 kursi yang apabila terdapat 5 dapil berarti menjadi 10 kursi. Sedangkan target kursi DPRD untuk PKS Kota Kendari adalah sebanyak 15 kursi. (B)

Penulis: Musyrifa Sya’adah

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga